RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 01
SEKOLAH
MATA PELAJARAN KLS/PROGRAM/SEMESTER TAHUN PELAJARAN STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
ALOKASI WAKTU |
: SMKN 2 WONOSARI
: PRODUKTIF TKJ : I/TKJ/ 1 : 2007-2008 : Menginstalasi PC
: menit |
- A. TUJUAN PEMBELAJARAN:
- Siswa dapat memilih peralatan /komponen PC secara teliti.
- Siswa dapat mengedepankan sifat jujur dalam pemilihan komponen berdasarkan prinsip ekonomi.
- Siswa dapat melaksanakan Keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam pengoperasian peralatan.
- Siswa dapat memperlihatkan sikap cermat dan teliti dalam menerapkan prosedur perakitan PC.
- B. MATERI PEMBELAJARAN:
- Diagram blok komupter dan fungsi masing-masing
- Jenis-jenis piranti input dan output
- Jenis-jenis piranti proses serta spesifikasi dan perkembangannya
- Daftar rencana kebutuhan dan spesifikasi PC.
- Prosedur perakitan
- Karakteristik dan tata cara penanganan komponen PC
7.Instalasi PC.
- C. METODE PEMBELAJARAN:
- Inkuiri
- Tanya jawab
- Penugasan
- D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :
Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan
- 2. Kegiatan inti :
- Menjelaskan diagram blok komputer dan fungsi masing-masing.
- Menjelaskan jenis-jenis piranti input dan output serta spesifikasi dan perkembangannya.
- Menjelaskan jenis-jenis piranti proses serta spesifikasi dan perkembangannya.
- Membuat daftar rencana kebutuhan dan spesifikasi PC.
- Menjelaskan prosedur baku perakitan
- Menguraikan karakteristik dan tata cara penanganan tiap-tiap komponen PC
- Menguji komponen-komponen PC sesuai dengan buku manual
- Menginstalasi komponen PC
- 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Pemberian tugas.
- Doa penutup.
- E. SUMBER PEMBELAJARAN
- Buku pegangan siswa
- Modul MGMP sekolah
- LKS
- F. PENILAIAN
- Tehnik : Tes tertulis
- Bentuk Instrumen : Tes uraian
- Soal Instrumen : – terlampir
Contoh soal: -terlampir
Mengetahui,
Drs. SANGKIN NIP. 131898327 |
Wonosari, Januari 2008
Guru Mata Pelajaran Sugeng Andono, S.Pd, M.Eng NIP. 490038525 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 02
SEKOLAH
MATA PELAJARAN KLS/PROGRAM/SEMESTER TAHUN PELAJARAN STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
ALOKASI WAKTU |
: SMKN 2 WONOSARI
: PRODUKTIF TKJ : I/TKJ/ 1 : 2007-2008 : Menginstalasi PC
: menit |
- A. TUJUAN PEMBELAJARAN:
- Siswa dapat melakukan pengaturan BIOS sesuai prosedur.
- Siswa dapat melakukan pemasangan periferal pada PC sesuai prosedur.
- Siswa dapat melakukan identifikasi dari hasil perakitan PC dan pemasangan periferal.
- Siswa dapat mencatat dan melaporkan kegiatan perakitan, jenis komponen dan setting PC sesuai dengan SOP yang berlaku.
- Siswa dapat menunjukkan PC yang telah dirakit diuji tampilan dan berfungsi dengan baik.
- Siswa dapat menunjukkan PC dapat digunakan sesuai dengan kriteria unjuk kerja pada unit kompetensi.
- Siswa dapat menunjukkan periferal dapat digunakan sesuai dengan kriteria unjuk kerja pada unit kompetensi.
- B. MATERI PEMBELAJARAN:
- Setting BIOS
- Jenis dan fungsi periferal
- Memasang periferal PC
- Setting periferal
- Perakitan PC
- Pemasangan periferal
- C. METODE PEMBELAJARAN:
- Inkuiri
- Tanya jawab
- Penugasan
- D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :
Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan
- 2. Kegiatan inti :
- Menjelaskan diagram blok komputer dan fungsi masing-masing.
- Menjelaskan jenis-jenis piranti input dan output serta spesifikasi dan perkembangannya.
- Menjelaskan jenis-jenis piranti proses serta spesifikasi dan perkembangannya.
- Membuat daftar rencana kebutuhan dan spesifikasi PC.
- Menjelaskan prosedur baku perakitan
- Menguraikan karakteristik dan tata cara penanganan tiap-tiap komponen PC
- Menguji komponen-komponen PC sesuai dengan buku manual
- Menginstalasi komponen PC
- 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Pemberian tugas.
- Doa penutup.
- E. SUMBER PEMBELAJARAN
- Buku pegangan siswa
- Modul MGMP sekolah
- LKS
- F. PENILAIAN
- Tehnik : Tes tertulis
- Bentuk Instrumen : Tes uraian
- Soal Instrumen : – terlampir
Contoh soal: -terlampir
Mengetahui,
Drs. SANGKIN NIP. 131898327 |
Wonosari, Januari 2008
Guru Mata Pelajaran Sugeng Andono, S.Pd, M.Eng NIP. 490038525 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 03
SEKOLAH
MATA PELAJARAN KLS/PROGRAM/SEMESTER TAHUN PELAJARAN STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
ALOKASI WAKTU |
: SMKN 2 WONOSARI
: PRODUKTIF TKJ : I/TKJ/ 1 : 2007-2008 : Menginstalasi Sistem Operasi Berbasis GUI
: menit |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN:
- Siswa dapat memilih sistem operasi yang akan diinstall secara teliti.
- Siswa dapat melakukan proses instalasi sistem operasi sesuai installation manual sudah dilaksanakan.
- Siswa dapat mengcopy dan mengkonfigurasi seluruh file, icon, dan folder.
- Siswa dapat memperlihatkan pada layar muncul pesan bahwa proses instalasi telah berhasil dilaksanakan sesuai dengan installation manual.
B. MATERI PEMBELAJARAN:
- Konsep dasar sistem operasi
- Jenis-jenis media penyimpan
- Konfigurasi hardware
- Setting BIOS
- Konsep dasar instalasi sistem operasi berbasis GUI
- Konsep dasar manajemen media penyimpan
- Jenis-jenis sistem operasi berbasis GUI
C. METODE PEMBELAJARAN:
- Inkuiri
- Tanya jawab
- Penugasan
D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :
Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan
- 2. Kegiatan inti :
- Menjelaskan konsep dasar sistem operasi berbasis GUI.
- Mengidentifikasi jenis-jenis media penyimpan yang sesuai untuk instalasi sistem operasi berbasis GUI.
- Menyediakan perangkat komputer dengan konfigurasi hardware yang sesuai untuk instalasi sistem operasi berbasis GUI.
- Memasang media paket instalasi sistem operasi.
- Mengatur BIOS.
- Menjelaskan langkah-langkah instalasi sistem operasi .
- Menjelaskan file, icon dan folder konfigurasi pada sistem operasi berbasis GUI.
- Mempersiapkan media instalasi untuk sistem operasi (Mempartisi, memformat, dan lain-lain).
- Menginstall sistem operasi berbasis GUI.
- Mengatur konfigurasi sistem operasi.
- 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Pemberian tugas.
- Doa penutup.
E. SUMBER PEMBELAJARAN
1. Buku pegangan siswa
2. Modul MGMP sekolah
3. LKS
F. PENILAIAN
1. Tehnik : Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes uraian
3. Soal Instrumen : – terlampir
Contoh soal: -terlampir
Mengetahui,
Drs. SANGKIN NIP. 131898327 |
Wonosari, Januari 2008
Guru Mata Pelajaran Sugeng Andono, S.Pd, M.Eng NIP. 490038525 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 04
SEKOLAH
MATA PELAJARAN KLS/PROGRAM/SEMESTER TAHUN PELAJARAN STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
ALOKASI WAKTU |
: SMKN 2 WONOSARI
: PRODUKTIF TKJ : I/TKJ/ 1 : 2007-2008 : Menginstalasi Sistem Operasi Berbasis GUI
: menit |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN:
- Siswa dapat menjalankan Sistem Operasi secara sampling tanpa error.
- Siswa dapat menutup Sistem Operasi tanpa error.
- Siswa dapat melakukan troubleshooting sesuai Installation Manual.
- Siswa dapat membuat laporan sesuai dengan format dan prosedur yang ditetapkan oleh perusahaan (pada log-sheet/ report-sheet)
B. MATERI PEMBELAJARAN:
- Mengoperasikan sistem operasi
- Jenis-jenis troubleshooting pada sistem operasi
- Jenis laporan hasil instalasi
C. METODE PEMBELAJARAN:
1. Inkuiri
2. Tanya jawab
3. Penugasan
D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :
Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan
- 2. Kegiatan inti :
- Menjelaskan langkah-langkah pengoperasian sistem operasi, termasik menjalankan dan menutup sistem operasi
- Menjelaskan langkah-langkah penanganan terhadap troubleshooting yang terjadi pada sistem operasi
- Mengecek hasil instalasi sistem operasi
- Menguraikan langkah-langkah penyusunan laporan
- 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Pemberian tugas.
- Doa penutup.
E. SUMBER PEMBELAJARAN
1. Buku pegangan siswa
2. Modul MGMP sekolah
3. LKS
F. PENILAIAN
1. Tehnik : Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes uraian
3. Soal Instrumen : – terlampir
Contoh soal: -terlampir
Mengetahui,
Drs. SANGKIN NIP. 131898327 |
Wonosari, Januari 2008
Guru Mata Pelajaran Sugeng Andono, S.Pd, M.Eng NIP. 490038525 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 05
SEKOLAH
MATA PELAJARAN KLS/PROGRAM/SEMESTER TAHUN PELAJARAN STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
ALOKASI WAKTU |
: SMKN 2 WONOSARI
: PRODUKTIF TKJ : I/TKJ/ 1 : 2007-2008 : Menginstalasi Software
: menit |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN:
- Siswa dapat menyiapkan paket instalasi software yang legal dalam media penyimpanan yang sesuai (HD, CD, FD, DVD atau media lainnya).
- Siswa dapat memahami Installation Manual software yang sudah disediakan.
- Siswa dapat menyalakan perangkat komputer, dengan sistem operasi dan persyaratan hardware sesuai dengan Installation Manual.
- Siswa dapat memasang dan siap diakses berbagai media paket instalasi software.
- Siswa dapat menyiapkan Log-sheet/report-sheet.
- Siswa dapat melaksanaka proses instalasi sesuai Installation Manual.
- Siswa dapat mengkonfigurasi dan menyalin seluruh file dan icon (jika ada).
- Siswa dapat menunjukkan pada layar muncul pesan bahwa proses instalasi telah berhasil dilaksanakan sesuai dengan Installation Manual.
B. MATERI PEMBELAJARAN:
- Jenis-jenis software
- Metode instalasi
- Teknik perbaikan dan perawatan PC
- Langkah-langkah instalasi software aplikasi
- Install software aplikasi
C. METODE PEMBELAJARAN:
1. Inkuiri
2. Tanya jawab
3. Penugasan
D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- 4. Kegiatan Awal (Apersepsi) :
Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan
- 5. Kegiatan inti :
- Memilih software secara teliti
- Menjelaskan jenis-jenis software
- Menjelaskan teknis dan metode instalasi aplikasi yang digunakan dalam peningkatan kerja dan kinerja sistem
- Mengidentifikasi-kan jenis-jenis software aplikasi yang digunakan dalam peningkatan kerja dan kinerja sistem (Misal : aplikasi ghost, partition magic, anti virus, office, grafis, multimedia, kompresi dan lain-lain)
- Melaksanakan keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam instalasi
- Menjelaskan langkah-langkah instalasi software aplikasi
- Menjelaskan perbedaan dan karakteristik antara tiap-tiap program aplikasi
- Memilih aplikasi yang sesuai dengan sistem operasi yang terinstall
- Menginstall software aplikasi sesuai kebutuhan
- 6. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Pemberian tugas.
- Doa penutup.
E. SUMBER PEMBELAJARAN
1. Buku pegangan siswa
2. Modul MGMP sekolah
3. LKS
F. PENILAIAN
1. Tehnik : Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes uraian
3. Soal Instrumen : – terlampir
Contoh soal: -terlampir
Mengetahui,
Drs. SANGKIN NIP. 131898327 |
Wonosari, Januari 2008
Guru Mata Pelajaran Sugeng Andono, S.Pd, M.Eng NIP. 490038525 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 06
SEKOLAH
MATA PELAJARAN KLS/PROGRAM/SEMESTER TAHUN PELAJARAN STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
ALOKASI WAKTU |
: SMKN 2 WONOSARI
: PRODUKTIF TKJ : I/TKJ/ 1 : 2007-2008 : Menginstalasi Software
: menit |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN:
- Siswa dapat menjalankan Software secara sampling tanpa error.
- Siswa dapat menutup Software tanpa error.
- Siswa dapat melakukan Troubleshooting sesuai Installation Manual.
- Siswa dapat membuat laporan sesuai dengan format dan prosedur yang ditetapkan oleh perusahaan (pada log-sheet /report-sheet).
B. MATERI PEMBELAJARAN:
- Jenis-jenis troubleshooting pada sistem operasi
- Jenis laporan hasil instalasi
C. METODE PEMBELAJARAN:
1. Inkuiri
2. Tanya jawab
3. Penugasan
D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :
Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan
- 2. Kegiatan inti :
- Mengikuti prosedur pemeriksaan hasil instalasi
- Menjelaskan langkah-langkah pengoperasian software aplikasi, termasik menjalankan dan menutup software
- Menjelaskan langkah-langkah penanganan terhadap troubleshooting yang terjadi pada softwareMenjelaskan perbedaan dan karakteristik antara tiap-tiap program aplikasi
- Menguraikan langkah-langkah penyusunan laporan
- Mengecek hasil instalasi software
- Menyusun laporan instalasi
- 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Pemberian tugas.
- Doa penutup.
E. SUMBER PEMBELAJARAN
1. Buku pegangan siswa
2. Modul MGMP sekolah
3. LKS
F. PENILAIAN
1. Tehnik : Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes uraian
3. Soal Instrumen : – terlampir
Contoh soal: -terlampir
Mengetahui,
Drs. SANGKIN NIP. 131898327 |
Wonosari, Januari 2008
Guru Mata Pelajaran Sugeng Andono, S.Pd, M.Eng NIP. 490038525 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 07
SEKOLAH
MATA PELAJARAN KLS/PROGRAM/SEMESTER TAHUN PELAJARAN STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
ALOKASI WAKTU |
: SMKN 2 WONOSARI
: PRODUKTIF TKJ : I/TKJ/ 1 : 2007-2008 : Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan periferal.
: menit |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN:
- Siswa dapat bersikap sikap jeli dan tanggap dalam menghadapi perubahan kondisi pada PC.
- Siswa dapat bersikap responsif dalam menghadapi segala masalah yang timbul.
- Siswa dapat melakukan klasifikasi permasalahan ditempatkan secara tepat.
- Siswa dapat merumuskan hipotesa awal sesuai dengan klasifikasi permasalahan.
- Siswa dapat mengikuti prosedur pemeriksaan untuk mendiagnosis permasalahan.
- Siswa dapat melakukan tindakan yang tepat dan cepat untuk mengisolasi sumber permasalahan.
- Siswa dapat melaksanakan Keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam pengoperasian peralatan.
B. MATERI PEMBELAJARAN:
- Jenis-jenis suara dan penampakan visual yang melambangkan masalah terhadap pengoperasian PC dan periferal.
- Klasifikasi permasalahan pada pengoperasian PC.
- Urutan pemeriksaan yang sistematis dalam pelaksanaan diagnosa permasalahan.
- Tindakan-tindakan yang dapat dilakukan untuk mengisolasi sumber permasalahan.
C. METODE PEMBELAJARAN:
1. Inkuiri
2. Tanya jawab
3. Penugasan
D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :
Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan
- 2. Kegiatan inti :
- Mengidentifikasi jenis-jenis pesan/peringatan kesalahan pada pengoperasian PC
- Menguraikan fungsi spesifik dari tiap-tiap komponen pada PC
- Mengidentifikasikan gejala pada pengoperasian PC dan periferal
- Memisahkan kelompok permasalahan yang terjadi pada PC berdasarkan hardware, software, lingkungan kerja, pengoperasian, dan penyebab eksternal.
- Memilah permasalahan yang terjadi pada pengoperasian PC.
- Menjelaskan urutan pemeriksaan dan diagnosa permasalahan
- Menunjukkan prosedur pengisolasian masalah pada pengoperasian PC dan periferal
- Mengisolasi permasalahan yang timbul saat pengoperasian PC stand alone dan periferalnya.
- 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Pemberian tugas.
- Doa penutup.
E. SUMBER PEMBELAJARAN
1. Buku pegangan siswa
2. Modul MGMP sekolah
3. LKS
F. PENILAIAN
1. Tehnik : Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes uraian
3. Soal Instrumen : – terlampir
Contoh soal: -terlampir
Mengetahui,
Drs. SANGKIN NIP. 131898327 |
Wonosari, Januari 2008
Guru Mata Pelajaran Sugeng Andono, S.Pd, M.Eng NIP. 490038525 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 08
SEKOLAH
MATA PELAJARAN KLS/PROGRAM/SEMESTER TAHUN PELAJARAN STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
ALOKASI WAKTU |
: SMKN 2 WONOSARI
: PRODUKTIF TKJ : I/TKJ/ 1 : 2007-2008 : Melakukan Perbaikan dan Sertting Ulang Sistem PC.
: menit |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN:
- Siswa dapat melaksanakan persiapan perbaikan PC sesuai dengan prosedur.
- Siswa dapat melaksanakan Keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam memperbaiki PC.
- Siswa dapat melaporkan setiap hasil pelaksanaan kegiatan sesuai dengan SOP.
B. MATERI PEMBELAJARAN:
- Teknik pemeriksaan spesifikasi hardware.
- Gejala kerusakan pada komponen PC.
- Langkah-langkah penggantian komponen PC.
- Pembuatan laporan hasil pemeriksaan dan perbaikan.
C. METODE PEMBELAJARAN:
1. Inkuiri
2. Tanya jawab
3. Penugasan
D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :
Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan
- 2. Kegiatan inti :
- Menguraikan langkah-langkah persiapan perbaikan PC berdasarkan hasil diagnosis.
- Menyusun langkah-langkah persiapan perbaikan PC.
- Memilih peralatan bantu pemeriksaan yang tepat.
- Mengidentifikasi komponen PC yang mengalami kerusakan.
- Menguraikan langkah-langkah penggantian komponen PC.
- Menguraikan langkah-langkah korektif untuk mencegah kerusakan yang lebih jauh pada komponen lainnya.
- Memeriksa komponen PC menggunakan cara/metode yang sesuai dengan SOP.
- Mengganti komponen PC yang rusak.
- Melaksanakan langkah korektif untuk mencegah penyebaran kerusakan pada bagian PC yang lain.
- Menguraikan daftar hasil perbaikan, penggantian komponen dan setting ulang sistem PC.
- Membuat daftar hasil perbaikan, penggantian komponen dan setting ulang sistem PC.
- 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Pemberian tugas.
- Doa penutup.
E. SUMBER PEMBELAJARAN
1. Buku pegangan siswa
2. Modul MGMP sekolah
3. LKS
F. PENILAIAN
1. Tehnik : Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes uraian
3. Soal Instrumen : – terlampir
Contoh soal: -terlampir
Mengetahui,
Drs. SANGKIN NIP. 131898327 |
Wonosari, Januari 2008
Guru Mata Pelajaran Sugeng Andono, S.Pd, M.Eng NIP. 490038525 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 09
SEKOLAH
MATA PELAJARAN KLS/PROGRAM/SEMESTER TAHUN PELAJARAN STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
ALOKASI WAKTU |
: SMKN 2 WONOSARI
: PRODUKTIF TKJ : I/TKJ/ 1 : 2007-2008 : Melakukan Perbaikan Periferal.
: menit |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN:
- Siswa dapat melakukan persiapan perbaikan periferal sesuai dengan prosedur.
- Siswa dapat melakukan periksaan status hasil perawatan dan perbaikan yang terakhir dilakukan (jika ada).
- Siswa dapat melakukan persiap perbaikan periferal sesuai dengan prosedur.
- Siswa dapat memeriksa hasil perbaikan periferal.
- Siswa dapat mengidentifikasi hasil pengecekan dan perbaikan.
- Siswa dapat melakukan pencatatan dan pelaporan perbaikan dan atau penggantin komponen periferal yang dilakukan sesuai dengan SOP yang berlaku.
B. MATERI PEMBELAJARAN:
- Jenis-jenis periferal dan spesifikasi serta cara pemeriksaannya.
- Pembuatan laporan hasil pemeriksaan dan perbaikan.
C. METODE PEMBELAJARAN:
1. Inkuiri
2. Tanya jawab
3. Penugasan
D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :
Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan
- 2. Kegiatan inti :
- Mengikuti prosedur dalam persiapan perbaikan peripheral.
- Menguraikan langkah-langkah persiapan perbaikan periferal berdasarkan hasil diagnosis.
- Menyusun langkah-langkah persiapan perbaikan peripheral.
- Memilih peralatan bantu pemeriksaan yang tepat.
- Mengoperasikan alat ukur dalam membantu perbaikan peripheral yang mengalami kerusakan.
- Melaksanakan langkah korektif untuk mencegah penyebaran kerusakan pada bagian periferal yang lain.
- Melaporkan setiap hasil pelaksanaan kegiatan sesuai dengan SOP.
- Menguraikan daftar hasil perbaikan, penggantian komponen dan setting ulang peripheral.
- Membuat daftar hasil perbaikan, penggantian komponen dan setting ulang peripheral.
- 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Pemberian tugas.
- Doa penutup.
E. SUMBER PEMBELAJARAN
1. Buku pegangan siswa
2. Modul MGMP sekolah
3. LKS
F. PENILAIAN
1. Tehnik : Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes uraian
3. Soal Instrumen : – terlampir
Contoh soal: -terlampir
Mengetahui,
Drs. SANGKIN NIP. 131898327 |
Wonosari, Januari 2008
Guru Mata Pelajaran Sugeng Andono, S.Pd, M.Eng NIP. 490038525 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 10
SEKOLAH
MATA PELAJARAN KLS/PROGRAM/SEMESTER TAHUN PELAJARAN STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
ALOKASI WAKTU |
: SMKN 2 WONOSARI
: PRODUKTIF TKJ : I/TKJ/ 1 : 2007-2008 : Melakukan Perawatan Periferal.
: menit |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN:
- Siswa dapat memilih peralatan dan bahan pembersih secara teliti.
- Siswa dapat bekerja sesuai dengan prosedur cara/metode dan bahan/peralatan yang sudah ditentukan.
- Siswa dapat melakukan pemeriksaan kabel dan sambungan ke PC menggunakan prosedur, cara/metode yang sudah ditentukan.
B. MATERI PEMBELAJARAN:
- Jenis-jenis peralatan dan bahan pembersih.
- Pengisian history/log sheet.
- Langkah-langkah perawatan periferal.
- Jenis-jenis korosi pada komponen periferal.
C. METODE PEMBELAJARAN:
1. Inkuiri
2. Tanya jawab
3. Penugasan
D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :
Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan
- 2. Kegiatan inti :
- Memilih peralatan dan bahan pembersih secara teliti.
- Menguraikan jenis dan sifat bahan pembersih yang sesuai dengan periferal.
- Menjelaskan prosedur pembersikan komponen pada periferal
- Menjelaskan jenis-jenis korosi pada komponen dan penyebabnya
- Membersihkan dan merawat bagian-bagian periferal secara teratur
- 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Pemberian tugas.
- Doa penutup.
E. SUMBER PEMBELAJARAN
1. Buku pegangan siswa
2. Modul MGMP sekolah
3. LKS
F. PENILAIAN
1. Tehnik : Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes uraian
3. Soal Instrumen : – terlampir
Contoh soal: -terlampir
Mengetahui,
Drs. SANGKIN NIP. 131898327 |
Wonosari, Januari 2008
Guru Mata Pelajaran Sugeng Andono, S.Pd, M.Eng NIP. 490038525 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 11
SEKOLAH
MATA PELAJARAN KLS/PROGRAM/SEMESTER TAHUN PELAJARAN STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
ALOKASI WAKTU |
: SMKN 2 WONOSARI
: PRODUKTIF TKJ : I/TKJ/ 1 : 2007-2008 : Perawatan PC.
: menit |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN:
- Siswa dapat melaksanakan keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam merawat PC.
- Siswa dapat memilih prosedur cara/metode dan bahan/peralatan yang sudah ditentukan.
B. MATERI PEMBELAJARAN:
- Jenis alat dan bahan pembersih yang sesuai untuk PC.
- Langkah-langkah perawatan PC.
- Jenis-jenis korosi pada komponen PC.
C. METODE PEMBELAJARAN:
1. Inkuiri
2. Tanya jawab
3. Penugasan
D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :
Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan
- 2. Kegiatan inti :
- Menguraikan jenis dan sifat bahan pembersih yang sesuai dengan periferal
- Menjelaskan hubungan antara troubleshooting pada PC dengan kebersihan komponen PC.
- Mengatur jadwal perawatan PC.
- Menjelaskan prosedur pembersikan komponen pada PC.
- Menjelaskan jenis-jenis korosi pada komponen dan penyebabnya.
- Membersihkan dan merawat bagian-bagian PC secara teratur.
- 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Pemberian tugas.
- Doa penutup.
E. SUMBER PEMBELAJARAN
1. Buku pegangan siswa
2. Modul MGMP sekolah
3. LKS
F. PENILAIAN
1. Tehnik : Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes uraian
3. Soal Instrumen : – terlampir
Contoh soal: -terlampir
Mengetahui,
Drs. SANGKIN NIP. 131898327 |
Wonosari, Januari 2008
Guru Mata Pelajaran Sugeng Andono, S.Pd, M.Eng NIP. 490038525 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 12
SEKOLAH
MATA PELAJARAN KLS/PROGRAM/SEMESTER TAHUN PELAJARAN STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
ALOKASI WAKTU |
: SMKN 2 WONOSARI
: PRODUKTIF TKJ : I/TKJ/ 1 : 2007-2008 : Perawatan PC.
: menit |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN:
- Siswa dapat memilih peralatan/komponen periferal serta software yang akan digunakan secara teliti.
- Siswa mampu memperlihatkan sikap responsif yang tepat terhadap masalah yang timbul.
B. MATERI PEMBELAJARAN:
- Penggunaan software utilitas dalam pengecekan kondisi komponen PC.
- Langkah penanganan permasalahan pada pengoperasian PC.
- Penyusunan laporan.
C. METODE PEMBELAJARAN:
1. Inkuiri
2. Tanya jawab
3. Penugasan
D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :
Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan
- 2. Kegiatan inti :
- Menjelaskan jenis-jenis software utilitas yang digunakan untuk mengecek kondisi periferal (Misal : Norton Utility, System Configuration Utility).
- Memeriksa hasil perawatan periferal secara fisik maupun menggunakan software utilitas.
- Menjelaskan langkah-langkah korektif yang dapat diambil untuk mengatasi kondisi abnormal.
- Menguraikan langkah-langkah penyusunan laporan.
- Melakukan langkah korektif terhadap kondisi abnormal pada pengoperasian PC.
- Membuat laporan perawatan PC.
- 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Pemberian tugas.
- Doa penutup.
E. SUMBER PEMBELAJARAN
1. Buku pegangan siswa
2. Modul MGMP sekolah
3. LKS
F. PENILAIAN
1. Tehnik : Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes uraian
3. Soal Instrumen : – terlampir
Contoh soal: -terlampir
Mengetahui,
Drs. SANGKIN NIP. 131898327 |
Wonosari, Januari 2008
Guru Mata Pelajaran Sugeng Andono, S.Pd, M.Eng NIP. 490038525 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 13
SEKOLAH
MATA PELAJARAN KLS/PROGRAM/SEMESTER TAHUN PELAJARAN STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
ALOKASI WAKTU |
: SMKN 2 WONOSARI
: PRODUKTIF TKJ : I/TKJ/ 1 : 2007-2008 : Menginstal Sistem Operasi Berbasis Text.
: menit |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN:
- Siswa mampu memilih sistem operasi secara teliti.
- Siswa dapat menyalakan perangkat komputer dengan persyaratan hardware sesuai dengan manual instalasi.
- Siswa mampu mengikuti prosedur dalam instalasi sistem operasi.
- Siswa mampu melaksanakan proses instalasi sesuai dengan manual instalasi.
B. MATERI PEMBELAJARAN:
- Konsep dasar instalasi sistem operasi berbasis text.
- Konsep dasar manajemen media penyimpan.
- Jenis-jenis sistem operasi berbasisi text.
- Jenis dan cara pengaturan BIOS.
- Jenis – jenis file dan konfigurasinya.
- Pengaturan konfigurasi awal pra-instalasi (misal : membuat batch file, instalasi driver CDROM under text mode).
- Langkah instalasi sistem operasi.
C. METODE PEMBELAJARAN:
1. Inkuiri
2. Tanya jawab
3. Penugasan
D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :
Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan.
- 2. Kegiatan inti :
- Menjelaskan konsep dasar sistem operasi berbasis text.
- Mengidentifikasi jenis-jenis media penyimpan yang sesuai untuk instalasi sistem operasi berbasis text.
- Menyediakan perangkat komputer dengan konfigurasi hardware yang sesuai untuk instalasi sistem operasi berbasis text.
- Memasang media paket instalasi sistem operasi.
- Mengatur BIOS dan jenis – jenis file dan konfigurasinya.
- Menjelaskan langkah-langkah instalasi sistem operasi.
- Menjelaskan file dan folder konfigurasi pada sistem operasi berbasis text.
- Menginstall sistem operasi berbasis text dan mengatur konfigurasi sistem operasi.
- Instalasi driver periferal pendukung (misal: motherboard, vga, sound, nic, dan lain-lain).
- Pengaturan konfigurasi pada sistem operasi (Misal : pengaturan user, hak akses, dan lain-lain).
- Perintah-perintah dasar sistem operasi berbasis text.
- 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Pemberian tugas.
- Doa penutup.
E. SUMBER PEMBELAJARAN
1. Buku pegangan siswa
2. Modul MGMP sekolah
3. LKS
F. PENILAIAN
1. Tehnik : Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes uraian
3. Soal Instrumen : – terlampir
Contoh soal: -terlampir
Mengetahui, | Wonosari, 01 Juni 2007
Guru Mata Pelajaran Anang Supriyanta, S.Pd, S.ST NIP. 490034931 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 14
SEKOLAH
MATA PELAJARAN KLS/PROGRAM/SEMESTER TAHUN PELAJARAN STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
ALOKASI WAKTU |
: SMKN 2 WONOSARI
: PRODUKTIF TKJ : I/TKJ/ 1 : 2007-2008 : Menginstal Sistem Operasi Berbasis Text.
: menit |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN:
- Siswa mampu mengecek hasil instalasi secara teliti dan tidak terburu-buru.
- Siswa mampu memahami hasil instalasi dengan baik.
B. MATERI PEMBELAJARAN:
- Mengoperasikan sistem operasi.
- Jenis aplikasi yang berjalan pada sistem operasi berbasis text.
- Jenis-jenis troubleshooting pada sistem operasi.
- Jenis – jenis pelaporan.
- Langkah-langkah penyusunan laporan.
C. METODE PEMBELAJARAN:
1. Inkuiri
2. Tanya jawab
3. Penugasan
D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :
Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan.
- 2. Kegiatan inti :
- Langkah pengoperasian sistem operasi, termasik menjalankan dan menutup sistem operasi.
- Menjelaskan langkah-langkah penanganan terhadap troubleshooting yang terjadi pada sistem operasi.
- Mengecek hasil instalasi sistem operasi.
- Menguraikan langkah-langkah penyusunan laporan.
- Menyusun laporan instalasi.
- 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Pemberian tugas.
- Doa penutup.
E. SUMBER PEMBELAJARAN
1. Buku pegangan siswa
2. Modul MGMP sekolah
3. LKS
F. PENILAIAN
1. Tehnik : Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes uraian
3. Soal Instrumen : – terlampir
Contoh soal: -terlampir
Mengetahui,
Drs. SANGKIN NIP. 131898327 |
Wonosari, Januari 2008
Guru Mata Pelajaran Sugeng Andono, S.Pd, M.Eng NIP. 490038525 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 15
SEKOLAH
MATA PELAJARAN KLS/PROGRAM/SEMESTER TAHUN PELAJARAN STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
ALOKASI WAKTU |
: SMKN 2 WONOSARI
: PRODUKTIF TKJ : I/TKJ/ 1 : 2007-2008 : Mem-Back-up dan Me-Restore Software.
: menit |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN:
- Siswa mampu menginstalasi Software dan dapat berjalan normal.
- Siswa mampu mengikuti prosedur penyimpanan data dengan jelas.
B. MATERI PEMBELAJARAN:
- Jenis-jenis media back-up dan cara penanganannya.
- Langkah-langkah persiapan back-up data.
C. METODE PEMBELAJARAN:
1. Inkuiri
2. Tanya jawab
3. Penugasan
D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :
Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan.
- 2. Kegiatan inti :
- Menjelaskan jenis-jenis media back-up dan cara penanganan masing-masing
- Memilih media back-up yang sesuai dengan ukuran dan jumlah data.
- Menguraikan prosedur penyimpanan data untuk software yang berbeda
- Menyimpan data yang diproses oleh software aplikasi
- 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Pemberian tugas.
- Doa penutup.
E. SUMBER PEMBELAJARAN
1. Buku pegangan siswa
2. Modul MGMP sekolah
3. LKS
F. PENILAIAN
1. Tehnik : Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes uraian
3. Soal Instrumen : – terlampir
Contoh soal: -terlampir
Mengetahui,
Drs. SANGKIN NIP. 131898327 |
Wonosari, Januari 2008
Guru Mata Pelajaran Sugeng Andono, S.Pd, M.Eng NIP. 490038525 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 16
SEKOLAH
MATA PELAJARAN KLS/PROGRAM/SEMESTER TAHUN PELAJARAN STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
ALOKASI WAKTU |
: SMKN 2 WONOSARI
: PRODUKTIF TKJ : I/TKJ/ 1 : 2007-2008 : Mem-Back-up dan Me-Restore Software.
: menit |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN:
- Siswa mampu menginstall software disk (program, data dan konfigurasi) dicopy ke media back-up melalui wizart (jika ada) atau dilakukan secara manual.
- Siswa mampu memberi label pada media back-up secara teliti.
- Siswa mampu mengembalikan software pada media back-up ke tempat software diinstalasi dengan wizart (jika ada) atau secara manual.
B. MATERI PEMBELAJARAN:
- Langkah-langkah memback-up data, baik secara manual maupun menggunakan wizard.
- Cara penyimpanan dan pengarsipan media back-up.
- Metode pengembalian data yang telah di back-up.
C. METODE PEMBELAJARAN:
1. Inkuiri
2. Tanya jawab
3. Penugasan
D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :
- Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan.
- 2. Kegiatan inti :
- Menguraikan proses back-up data pada media yang berbeda.
- Memback-up data menggunakan cara manual maupun melalui wizard.
- Menguraikan metode pengarsipan dan penyimpanan media back-up.
- Menyimpan dan mengarsipkan media back-up pada tempat yang disediakan.
- 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Pemberian tugas.
- Doa penutup.
E. SUMBER PEMBELAJARAN
1. Buku pegangan siswa
2. Modul MGMP sekolah
3. LKS
F. PENILAIAN
1. Tehnik : Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes uraian
3. Soal Instrumen : – terlampir
Contoh soal: -terlampir
Mengetahui,
Drs. SANGKIN NIP. 131898327 |
Wonosari, Januari 2008
Guru Mata Pelajaran Sugeng Andono, S.Pd, M.Eng NIP. 490038525 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 17
SEKOLAH
MATA PELAJARAN KLS/PROGRAM/SEMESTER TAHUN PELAJARAN STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
ALOKASI WAKTU |
: SMKN 2 WONOSARI
: PRODUKTIF TKJ : I/TKJ/ 1 : 2007-2008 : Menginstall Perangkat Jaringan Lokal.
: menit |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN:
- Memilih peralatan / komponen jaringan secara teliti.
- Menerapkan sikap disiplin dalam mengikuti prosedur instalasi perangkat LAN.
B. MATERI PEMBELAJARAN:
- Prinsip dasar jaringan.
- Jenis dan fungsi perangkat LAN dan perluasannya.
C. METODE PEMBELAJARAN:
1. Inkuiri
2. Tanya jawab
3. Penugasan
D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :
- Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan.
- 2. Kegiatan inti :
- pengertian LAN, WAN, MAN, Internet, Bandwidth, Data dan Paket.
- Mengidentifikasi jenis-jenis topologi jaringan (Berdasarkan fisik dan berdasarkan logical).
- Menguraikan jenis-jenis protokol jaringan.
- Menjelaskan konsep dasar ISO-OSI 7 layer dan TCP/IP 4 layer.
- Menguraikan konsep dasar dan pengalamatan IP.
- Menjelaskan konsep dasar pengabelan LAN.
- Menjelaskan konsep pembagian segmen dan routing table pada IP Address.
- Merencanakan dan memilih perangkat jaringan sesuai dengan fisik dan kondisi lokasi.
- Menjelaskan jenis-jenis perangkat LAN.
- Menjelaskan jenis-jenis koneksi LAN.
- Memasang perangkat Local Area Network.
- Memasang jaringan peer-to-peer.
- 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Pemberian tugas.
- Doa penutup.
E. SUMBER PEMBELAJARAN
1. Buku pegangan siswa
2. Modul MGMP sekolah
3. LKS
F. PENILAIAN
1. Tehnik : Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes uraian
3. Soal Instrumen : – terlampir
Contoh soal: -terlampir
Mengetahui,
Drs. SANGKIN NIP. 131898327 |
Wonosari, Januari 2008
Guru Mata Pelajaran Sugeng Andono, S.Pd, M.Eng NIP. 490038525 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 18
SEKOLAH
MATA PELAJARAN KLS/PROGRAM/SEMESTER TAHUN PELAJARAN STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
ALOKASI WAKTU |
: SMKN 2 WONOSARI
: PRODUKTIF TKJ : I/TKJ/ 1 : 2007-2008 : Menginstalasi Perangkat Jaringan Lokal.
: menit |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN:
- Siswa dapat mengikuti prosedur dalam memasang perangkat jaringan.
- Siswa mampu melaksanakan pengukuran LAN dengan sabar dan teliti.
B. MATERI PEMBELAJARAN:
- Instalasi perangkat jaringan pada sistem operasi berbasis GUI.
- Instalasi perangkat jaringan pada sistem operasi berbasis text.
- Pengukuran kualitas sistem jaringan menggunakan software maupun alat ukur.
C. METODE PEMBELAJARAN:
1. Inkuiri
2. Tanya jawab
3. Penugasan
D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :
- Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan.
- 2. Kegiatan inti :
- Menginstall network card dan mengatur IP.
- Memasang Network Card dan instalasi driver .
- Memasang jaringan peer to peer.
- Memanfaatkan jaringan secara optimal pada sistem operasi berbasis GUI dan text.
- Menjelaskan jenis-jenis alat ukur media jaringan.
- Menjelaskan cara pengujian LAN melalui sistem operasi atau melalui aplikasi tertentu.
- Menggunakan software pengukuran / pengujian atau alat ukur.
- Menguji konektifitas Local Area Network.
- 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Pemberian tugas.
- Doa penutup.
E. SUMBER PEMBELAJARAN
1. Buku pegangan siswa
2. Modul MGMP sekolah
3. LKS
F. PENILAIAN
1. Tehnik : Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes uraian
3. Soal Instrumen : – terlampir
Contoh soal: -terlampir
Mengetahui,
Drs. SANGKIN NIP. 131898327 |
Wonosari, Januari 2008
Guru Mata Pelajaran Sugeng Andono, S.Pd, M.Eng NIP. 490038525 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 19
SEKOLAH
MATA PELAJARAN KLS/PROGRAM/SEMESTER TAHUN PELAJARAN STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
ALOKASI WAKTU |
: SMKN 2 WONOSARI
: PRODUKTIF TKJ : I/TKJ/ 1 : 2007-2008 : Mendiagnosis Permasalahan Pengoperasian PC yang Tersambung Jaringan.
: menit |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN:
- Siswa mampu bersikap sikap jeli dan tanggap terhadap perubahan kondisi pada LAN
- Siswa mampu bersikap responsif yang tepat terhadap masalah yang timbul.
- Siswa mampu menempatkan klasifikasi permasalahan dengan tepat
- Siswa mampu merumuskan hipotesa awal yang sesuai dengan klasifikasi permasalahan.
- Siswa mampu mengikuti prosedur pemeriksaan dalam mendiagnosa permasalahan.
- Siswa mampu memilih tindakan yang cepat dan tepat untuk mengisolasi sumber permasalahan.
B. MATERI PEMBELAJARAN:
- Jenis-jenis gangguan pada perangkat Local Area Network
- Performansi dan kondisi Local Area Network.
- Klasifikasi permasalahan pada pengoperasian LAN.
- Urutan pemeriksaan yang sistematis dalam pelaksanaan diagnosa permasalahan
- Tindakan-tindakan yang dapat dilakukan untuk mengisolasi sumber permasalahan.
C. METODE PEMBELAJARAN:
1. Inkuiri
2. Tanya jawab
3. Penugasan
D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :
- Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan.
- 2. Kegiatan inti :
- Menunjukkan sikap jeli dan tanggap terhadap perubahan kondisi pada LAN.
- Memperlihatkan sikap responsif yang tepat terhadap masalah yang timbul.
- Mengidentifikasi jenis-jenis pesan/peringatan kesalahan pada LAN.
- Menguraikan fungsi spesifik dari tiap-tiap komponen pada PC yang berkaitan dengan LAN.
- Mengidentifikasikan gejala pada pengoperasian LAN.
- Menempatkan klasifikasi permasalahan dengan tepat.
- Merumuskan hipotesa awal yang sesuai dengan klasifikasi permasalahan.
- Memisahkan kelompok permasalahan yang terjadi pada LAN berdasarkan hardware, software dan penyebab eksternal.
- Memilah permasalahan yang terjadi pada pengoperasian LAN.
- Mengikuti prosedur pemeriksaan dalam mendiagnosa permasalahan.
- Memilih tindakan yang cepat dan tepat untuk mengisolasi sumber permasalahan.
- Menjelaskan urutan pemeriksaan dan diagnosa permasalahan.
- Menunjukkan prosedur pengisolasian masalah pada pengoperasian LAN.
- Mengisolasi permasalahan yang timbul saat pengoperasian LAN, baik pada sisi hardware maupun aplikasinya.
- 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Pemberian tugas.
- Doa penutup.
E. SUMBER PEMBELAJARAN
1. Buku pegangan siswa
2. Modul MGMP sekolah
3. LKS
F. PENILAIAN
1. Tehnik : Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes uraian
3. Soal Instrumen : – terlampir
Contoh soal: -terlampir
Mengetahui,
Drs. SANGKIN NIP. 131898327 |
Wonosari, Januari 2008
Guru Mata Pelajaran Sugeng Andono, S.Pd, M.Eng NIP. 490038525 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 20
SEKOLAH
MATA PELAJARAN KLS/PROGRAM/SEMESTER TAHUN PELAJARAN STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
ALOKASI WAKTU |
: SMKN 2 WONOSARI
: PRODUKTIF TKJ : I/TKJ/ 1 : 2007-2008 : Melakukan Perbaikan dan/atau Setting Ulang Koneksi Jaringan.
: menit |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN:
- Siswa dapat mengikuti prosedur dalam persiapan perbaikan konektifitas jaringan.
- Siswa mampu melaksanakan keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam memperbaiki konektifitas jaringan.
- Siswa dapat melaporkan setiap hasil pelaksanaan kegiatan sesuai dengan SOP
B. MATERI PEMBELAJARAN:
- Teknik pemeriksaan spesifikasi perangkat jaringan.
- Gejala kerusakan pada komponen jaringan
- Langkah-langkah penggantian komponen jaringan (termasuk tata cara penggantian soket jaringan).
- Pembuatan laporan hasil pemeriksaan dan perbaikan.
C. METODE PEMBELAJARAN:
1. Inkuiri
2. Tanya jawab
3. Penugasan
D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :
- Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan.
- 2. Kegiatan inti :
- Mengikuti prosedur dalam persiapan perbaikan konektifitas jaringan.
- Menguraikan langkah-langkah persiapan perbaikan konektifitas jaringan berdasarkan hasil diagnosis.
- Menyusun langkah-langkah persiapan perbaikan konektifitas jaringan.
- Memilih peralatan bantu pemeriksaan yang tepat.
- Melaksanakan keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam memperbaiki konektifitas jaringan.
- Mengidentifikasi komponen LAN yang mengalami kerusakan.
- Menguraikan langkah-langkah penggantian komponen jaringan.
- Menguraikan langkah-langkah korektif untuk mencegah kerusakan yang lebih jauh pada komponen lainnya (misal : pemasangan lightning arrester pada sistem LAN).
- Memeriksa perangkat LAN menggunakan cara/metode yang sesuai dengan SOP.
- Mengganti komponen jaringan yang mengalami kerusakan.
- Melaksanakan langkah korektif untuk mencegah penyebaran kerusakan pada bagian PC.
- Melaporkan setiap hasil pelaksanaan kegiatan sesuai dengan SOP.
- Menguraikan daftar hasil perbaikan, penggantian komponen dan setting ulang terhadap LAN.
- Membuat daftar hasil perbaikan, penggantian komponen dan setting ulang perangkat LAN.
- 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
- Pemberian tugas.
- Doa penutup.
E. SUMBER PEMBELAJARAN
1. Buku pegangan siswa
2. Modul MGMP sekolah
3. LKS
F. PENILAIAN
1. Tehnik : Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes uraian
3. Soal Instrumen : – terlampir
Contoh soal: -terlampir
Mengetahui,
Drs. SANGKIN NIP. 131898327 |
Wonosari, Januari 2008
Guru Mata Pelajaran Sugeng Andono, S.Pd, M.Eng NIP. 490038525 |