RPP TKJ PRODUKTIF SMK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NO. 01

SEKOLAH

MATA PELAJARAN

KLS/PROGRAM/SEMESTER

TAHUN PELAJARAN

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

ALOKASI WAKTU

: SMKN 2 WONOSARI

: PRODUKTIF TKJ

: I/TKJ/ 1

: 2007-2008

: Menginstalasi PC

  1. Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi
  2. Menginstalasi komponen PC
  1. Memilih peralatan /komponen PC secara teliti.
  2. Mengedepankan sifat jujur dalam pemilihan komponen berdasarkan prinsip ekonomi.
  3. Melaksanakan Keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam pengoperasian peralatan.
  4. Memperlihatkan sikap cermat dan teliti dalam menerapkan prosedur perakitan PC.

:       menit

  1. A. TUJUAN PEMBELAJARAN:
    1. Siswa dapat memilih peralatan /komponen PC secara teliti.
    2. Siswa dapat mengedepankan sifat jujur dalam pemilihan komponen berdasarkan prinsip ekonomi.
    3. Siswa dapat melaksanakan Keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam pengoperasian peralatan.
    4. Siswa dapat memperlihatkan sikap cermat dan teliti dalam menerapkan prosedur perakitan PC.
    5. B. MATERI PEMBELAJARAN:
      1. Diagram blok komupter dan fungsi masing-masing
      2. Jenis-jenis piranti input dan output
      3. Jenis-jenis piranti proses serta spesifikasi dan perkembangannya
      4. Daftar rencana kebutuhan dan spesifikasi PC.
      5. Prosedur perakitan
      6. Karakteristik dan tata cara penanganan komponen PC

7.Instalasi PC.

  1. C. METODE PEMBELAJARAN:
    1. Inkuiri
    2. Tanya jawab
    3. Penugasan

  1. D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :

Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan

  1. 2. Kegiatan inti :
  • Menjelaskan diagram blok komputer dan fungsi masing-masing.
  • Menjelaskan jenis-jenis piranti  input  dan output serta spesifikasi dan perkembangannya.
  • Menjelaskan jenis-jenis piranti proses serta spesifikasi dan perkembangannya.
  • Membuat daftar rencana kebutuhan dan spesifikasi PC.
  • Menjelaskan  prosedur baku perakitan
  • Menguraikan karakteristik dan tata cara penanganan tiap-tiap komponen PC
  • Menguji komponen-komponen PC sesuai dengan buku manual
  • Menginstalasi komponen PC
  1. 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
  • Pemberian tugas.
  • Doa penutup.
  1. E. SUMBER PEMBELAJARAN
  1. Buku pegangan siswa
  2. Modul MGMP sekolah
  3. LKS

  1. F. PENILAIAN
    1. Tehnik                                   :  Tes tertulis
    2. Bentuk Instrumen                   :  Tes uraian
    3. Soal Instrumen                       :  – terlampir

Contoh soal: -terlampir

Mengetahui,

Drs. SANGKIN

NIP. 131898327

Wonosari, Januari 2008

Guru Mata Pelajaran

Sugeng Andono, S.Pd, M.Eng

NIP. 490038525

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NO. 02

SEKOLAH

MATA PELAJARAN

KLS/PROGRAM/SEMESTER

TAHUN PELAJARAN

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

ALOKASI WAKTU

: SMKN 2 WONOSARI

: PRODUKTIF TKJ

: I/TKJ/ 1

: 2007-2008

: Menginstalasi PC

  1. Mengatur komponen PC menggunakan software (melalui setup BIOS dan aktifasi komponen melalui sistem operasi.
  2. Menyambung / memasang periferal (secara fisik) dan setting periferal menggunakan software.
  3. Memeriksa hasil perakitan PC dan pemasangan periferal.
  1. Pengaturan BIOS sesuai prosedur.
  2. Pemasangan periferal pada PC sesuai prosedur.
  3. Hasil perakitan PC dan pemasangan periferal diidentifikasi.
  4. Perakitan, jenis komponen dan setting yang dilakukan dicatat dan dilaporkan sesuai dengan SOP yang berlaku.
  5. PC yang telah dirakit diuji tampilan dan berfungsi dengan baik
  6. PC dapat digunakan sesuai dengan kriteria unjuk kerja pada unit kompetensi.
  7. Periferal dapat digunakan sesuai dengan kriteria unjuk kerja pada unit kompetensi.

:       menit

  1. A. TUJUAN PEMBELAJARAN:
    1. Siswa dapat melakukan pengaturan BIOS sesuai prosedur.
    2. Siswa dapat melakukan pemasangan periferal pada PC sesuai prosedur.
    3. Siswa dapat melakukan identifikasi dari hasil perakitan PC dan pemasangan periferal.
    4. Siswa dapat mencatat dan melaporkan kegiatan perakitan, jenis komponen dan setting PC sesuai dengan SOP yang berlaku.
    5. Siswa dapat menunjukkan PC yang telah dirakit diuji tampilan dan berfungsi dengan baik.
    6. Siswa dapat menunjukkan PC dapat digunakan sesuai dengan kriteria unjuk kerja pada unit kompetensi.
    7. Siswa dapat menunjukkan periferal dapat digunakan sesuai dengan kriteria unjuk kerja pada unit kompetensi.
  1. B. MATERI PEMBELAJARAN:
    1. Setting BIOS
    2. Jenis dan fungsi periferal
    3. Memasang periferal PC
    4. Setting periferal
    5. Perakitan PC
    6. Pemasangan periferal

  1. C. METODE PEMBELAJARAN:
    1. Inkuiri
    2. Tanya jawab
    3. Penugasan

  1. D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :

Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan

  1. 2. Kegiatan inti :
  • Menjelaskan diagram blok komputer dan fungsi masing-masing.
  • Menjelaskan jenis-jenis piranti  input  dan output serta spesifikasi dan perkembangannya.
  • Menjelaskan jenis-jenis piranti proses serta spesifikasi dan perkembangannya.
  • Membuat daftar rencana kebutuhan dan spesifikasi PC.
  • Menjelaskan  prosedur baku perakitan
  • Menguraikan karakteristik dan tata cara penanganan tiap-tiap komponen PC
  • Menguji komponen-komponen PC sesuai dengan buku manual
  • Menginstalasi komponen PC
  1. 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
  • Pemberian tugas.
  • Doa penutup.
  1. E. SUMBER PEMBELAJARAN
  1. Buku pegangan siswa
  2. Modul MGMP sekolah
  3. LKS

  1. F. PENILAIAN
    1. Tehnik                                   :  Tes tertulis
    2. Bentuk Instrumen                   :  Tes uraian
    3. Soal Instrumen                       :  – terlampir

Contoh soal: -terlampir

Mengetahui,

Drs. SANGKIN

NIP. 131898327

Wonosari, Januari 2008

Guru Mata Pelajaran

Sugeng Andono, S.Pd, M.Eng

NIP. 490038525

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NO. 03

SEKOLAH

MATA PELAJARAN

KLS/PROGRAM/SEMESTER

TAHUN PELAJARAN

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

ALOKASI WAKTU

: SMKN 2 WONOSARI

: PRODUKTIF TKJ

: I/TKJ/ 1

: 2007-2008

: Menginstalasi Sistem Operasi Berbasis GUI

  1. Mempersiapkan instalasi sistem operasi berbasis GUI.
  2. Melaksanakan instalasi sistem operasi sesuai installation manual.
  1. Memilih sistem operasi yang akan diinstall  secara teliti.
  2. Proses instalasi sistem operasi sesuai installation manual sudah dilaksanakan.
  3. Seluruh file, icon, folder dan konfigurasi telah ter-copy dan terkonfigurasi.
  4. Pada layar muncul pesan bahwa proses instalasi telah berhasil dilaksanakan sesuai dengan installation manual.

:       menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN:

  1. Siswa dapat memilih sistem operasi yang akan diinstall  secara teliti.
  2. Siswa dapat melakukan proses instalasi sistem operasi sesuai installation manual sudah dilaksanakan.
  3. Siswa dapat mengcopy dan mengkonfigurasi seluruh file, icon, dan folder.
  4. Siswa dapat memperlihatkan pada layar muncul pesan bahwa proses instalasi telah berhasil dilaksanakan sesuai dengan installation manual.

B. MATERI PEMBELAJARAN:

  1. Konsep dasar sistem operasi
  2. Jenis-jenis media penyimpan
  3. Konfigurasi hardware
  4. Setting BIOS
  5. Konsep dasar instalasi sistem operasi berbasis GUI
  6. Konsep dasar manajemen media penyimpan
  7. Jenis-jenis sistem operasi berbasis GUI

C. METODE PEMBELAJARAN:

  1. Inkuiri
  2. Tanya jawab
  3. Penugasan

D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :

Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan

  1. 2. Kegiatan inti :
  • Menjelaskan konsep dasar sistem operasi berbasis GUI.
  • Mengidentifikasi jenis-jenis media penyimpan yang sesuai untuk instalasi sistem operasi berbasis GUI.
  • Menyediakan perangkat komputer dengan konfigurasi hardware yang sesuai untuk instalasi sistem operasi berbasis GUI.
  • Memasang media paket instalasi sistem operasi.
  • Mengatur BIOS.
  • Menjelaskan langkah-langkah instalasi sistem operasi .
  • Menjelaskan file, icon dan folder konfigurasi pada sistem operasi berbasis GUI.
  • Mempersiapkan media instalasi untuk sistem operasi (Mempartisi, memformat, dan lain-lain).
  • Menginstall sistem operasi berbasis GUI.
  • Mengatur konfigurasi sistem operasi.
  1. 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
  • Pemberian tugas.
  • Doa penutup.

E. SUMBER PEMBELAJARAN

1. Buku pegangan siswa

2. Modul MGMP sekolah

3. LKS

F. PENILAIAN

1. Tehnik                            :  Tes tertulis

2. Bentuk Instrumen            :  Tes uraian

3. Soal Instrumen    :  – terlampir

Contoh soal: -terlampir

Mengetahui,

Drs. SANGKIN

NIP. 131898327

Wonosari, Januari 2008

Guru Mata Pelajaran

Sugeng Andono, S.Pd, M.Eng

NIP. 490038525

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NO. 04

SEKOLAH

MATA PELAJARAN

KLS/PROGRAM/SEMESTER

TAHUN PELAJARAN

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

ALOKASI WAKTU

: SMKN 2 WONOSARI

: PRODUKTIF TKJ

: I/TKJ/ 1

: 2007-2008

: Menginstalasi Sistem Operasi Berbasis GUI

  1. Mengecek hasil instalasi dengan menjalankan sistem operasi dan melakukan troubleshooting sederhana.
  2. Melaporkan hasil instalasi
  1. Sistem operasi dijalankan secara sampling tanpa error.
  2. Sistem operasi ditutup tanpa error.
  3. Troubleshooting dilakukan sesuai Installation Manual.
  4. Laporan dibuat sesuai dengan format dan prosedur yang    ditetapkan oleh perusahaan (pada log-sheet/ report-sheet)

:       menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN:

  1. Siswa dapat menjalankan Sistem Operasi secara sampling tanpa error.
  1. Siswa dapat menutup Sistem Operasi tanpa error.
  2. Siswa dapat melakukan troubleshooting  sesuai Installation Manual.
  3. Siswa dapat membuat laporan sesuai dengan format dan prosedur yang    ditetapkan oleh perusahaan (pada log-sheet/ report-sheet)

B. MATERI PEMBELAJARAN:

  1. Mengoperasikan sistem operasi
  1. Jenis-jenis troubleshooting pada sistem operasi
  2. Jenis laporan hasil instalasi

C. METODE PEMBELAJARAN:

1. Inkuiri

2. Tanya jawab

3. Penugasan

D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :

Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan

  1. 2. Kegiatan inti :
  • Menjelaskan langkah-langkah pengoperasian sistem operasi, termasik menjalankan dan menutup sistem operasi
  • Menjelaskan langkah-langkah penanganan terhadap troubleshooting yang terjadi pada sistem operasi
  • Mengecek hasil instalasi sistem operasi
  • Menguraikan langkah-langkah penyusunan laporan
  1. 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
  • Pemberian tugas.
  • Doa penutup.

E. SUMBER PEMBELAJARAN

1. Buku pegangan siswa

2. Modul MGMP sekolah

3. LKS

F. PENILAIAN

1. Tehnik                            :  Tes tertulis

2. Bentuk Instrumen            :  Tes uraian

3. Soal Instrumen    :  – terlampir

Contoh soal: -terlampir

Mengetahui,

Drs. SANGKIN

NIP. 131898327

Wonosari, Januari 2008

Guru Mata Pelajaran

Sugeng Andono, S.Pd, M.Eng

NIP. 490038525

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NO. 05

SEKOLAH

MATA PELAJARAN

KLS/PROGRAM/SEMESTER

TAHUN PELAJARAN

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

ALOKASI WAKTU

: SMKN 2 WONOSARI

: PRODUKTIF TKJ

: I/TKJ/ 1

: 2007-2008

: Menginstalasi Software

  1. Mempersiapkan instalasi software.
  2. Melaksanakan instalasi software sesuai dengan installation manual.
  1. Paket instalasi software yang legal sudah disediakan dalam media penyimpanan yang sesuai (HD, CD, FD, DVD atau media lainnya).
  2. Installation Manual software sudah disediakan dan   dipahami.
  3. Perangkat komputer sudah dinyalakan, dengan sistem operasi dan persyaratan hardware sesuai dengan Installation Manual.
  4. Media paket instalasi software sudah dipasang dan siap diakses.
  5. Log-sheet/report-sheet telah disiapkan.
  6. Proses instalasi sesuai Installation Manual sudah dilaksanakan.
  7. Seluruh file, icon (jika ada) dan konfigurasi telah ter-copy dan terkonfigurasi.
  8. Pada layar muncul pesan bahwa proses instalasi telah berhasil dilaksanakan sesuai dengan Installation Manual.

:       menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN:

  1. Siswa dapat menyiapkan paket instalasi software yang legal dalam media penyimpanan yang sesuai (HD, CD, FD, DVD atau media lainnya).
  2. Siswa dapat memahami Installation Manual software yang sudah disediakan.
  3. Siswa dapat menyalakan perangkat komputer, dengan sistem operasi dan persyaratan hardware sesuai dengan Installation Manual.
  4. Siswa dapat memasang dan siap diakses berbagai media paket instalasi software.
  5. Siswa dapat menyiapkan Log-sheet/report-sheet.
  6. Siswa dapat melaksanaka proses instalasi sesuai Installation Manual.
  7. Siswa dapat mengkonfigurasi dan menyalin seluruh file dan icon (jika ada).
  8. Siswa dapat menunjukkan pada layar muncul pesan bahwa proses instalasi telah berhasil dilaksanakan sesuai dengan Installation Manual.

B. MATERI PEMBELAJARAN:

  1. Jenis-jenis software
  2. Metode instalasi
  3. Teknik perbaikan dan perawatan PC
  4. Langkah-langkah instalasi software aplikasi
  5. Install software aplikasi

C. METODE PEMBELAJARAN:

1. Inkuiri

2. Tanya jawab

3. Penugasan

D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. 4. Kegiatan Awal (Apersepsi) :

Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan

  1. 5. Kegiatan inti :
  • Memilih software secara teliti
  • Menjelaskan jenis-jenis software
  • Menjelaskan teknis dan metode instalasi aplikasi yang digunakan dalam peningkatan kerja dan kinerja sistem
  • Mengidentifikasi-kan jenis-jenis software aplikasi yang digunakan dalam peningkatan kerja dan kinerja sistem  (Misal : aplikasi ghost, partition magic, anti virus, office, grafis, multimedia, kompresi dan lain-lain)
  • Melaksanakan keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam instalasi
  • Menjelaskan langkah-langkah instalasi software aplikasi
  • Menjelaskan perbedaan dan karakteristik antara tiap-tiap program aplikasi
  • Memilih aplikasi yang sesuai dengan sistem operasi yang terinstall
  • Menginstall software aplikasi sesuai kebutuhan
  1. 6. Kegiatan Akhir (Penutup)
  • Pemberian tugas.
  • Doa penutup.

E. SUMBER PEMBELAJARAN

1. Buku pegangan siswa

2. Modul MGMP sekolah

3. LKS

F. PENILAIAN

1. Tehnik                            :  Tes tertulis

2. Bentuk Instrumen            :  Tes uraian

3. Soal Instrumen    :  – terlampir

Contoh soal: -terlampir

Mengetahui,

Drs. SANGKIN

NIP. 131898327

Wonosari, Januari 2008

Guru Mata Pelajaran

Sugeng Andono, S.Pd, M.Eng

NIP. 490038525


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NO. 06

SEKOLAH

MATA PELAJARAN

KLS/PROGRAM/SEMESTER

TAHUN PELAJARAN

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

ALOKASI WAKTU

: SMKN 2 WONOSARI

: PRODUKTIF TKJ

: I/TKJ/ 1

: 2007-2008

: Menginstalasi Software

  1. Mengecek hasil instalasi dengan menjalankan software dan melakukan troubleshooting sederhana.
  2. Melaporkan hasil instalasi.
  1. Software dijalankan secara sampling tanpa error
  2. Software ditutup tanpa error
  3. Troubleshooting dilakukan sesuai Installation Manual.
  4. Laporan dibuat sesuai dengan format dan prosedur yang    ditetapkan oleh perusahaan (pada log-sheet /report-sheet).

:       menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN:

  1. Siswa dapat menjalankan Software secara sampling tanpa error.
  2. Siswa dapat menutup Software tanpa error.
  3. Siswa dapat melakukan Troubleshooting sesuai Installation Manual.
  4. Siswa dapat membuat laporan sesuai dengan format dan prosedur yang    ditetapkan oleh perusahaan (pada log-sheet /report-sheet).

B. MATERI PEMBELAJARAN:

  1. Jenis-jenis troubleshooting pada sistem operasi
  2. Jenis laporan hasil instalasi

C. METODE PEMBELAJARAN:

1. Inkuiri

2. Tanya jawab

3. Penugasan

D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :

Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan

  1. 2. Kegiatan inti :
  • Mengikuti prosedur pemeriksaan hasil instalasi
  • Menjelaskan langkah-langkah pengoperasian software aplikasi, termasik menjalankan dan menutup software
  • Menjelaskan langkah-langkah penanganan terhadap troubleshooting yang terjadi pada softwareMenjelaskan perbedaan dan karakteristik antara tiap-tiap program aplikasi
  • Menguraikan langkah-langkah penyusunan laporan
  • Mengecek hasil instalasi software
  • Menyusun laporan instalasi
  1. 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
  • Pemberian tugas.
  • Doa penutup.

E. SUMBER PEMBELAJARAN

1. Buku pegangan siswa

2. Modul MGMP sekolah

3. LKS

F. PENILAIAN

1. Tehnik                            :  Tes tertulis

2. Bentuk Instrumen            :  Tes uraian

3. Soal Instrumen    :  – terlampir

Contoh soal: -terlampir

Mengetahui,

Drs. SANGKIN

NIP. 131898327

Wonosari, Januari 2008

Guru Mata Pelajaran

Sugeng Andono, S.Pd, M.Eng

NIP. 490038525

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NO. 07

SEKOLAH

MATA PELAJARAN

KLS/PROGRAM/SEMESTER

TAHUN PELAJARAN

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

ALOKASI WAKTU

: SMKN 2 WONOSARI

: PRODUKTIF TKJ

: I/TKJ/ 1

: 2007-2008

: Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan periferal.

  1. Mengidentifikasi  masalah melalui gejala yang muncul.
  2. Memilah masalah berdasarkan kelompoknya.
  3. Mengisolasi permasalahan.
  1. Sikap jeli dan tanggap ditunjukkan dalam menghadapi perubahan kondisi pada PC.
  2. Sikap responsif ditunjukkan dalam menghadapi segala masalah yang timbul.
  3. Klasifikasi permasalahan ditempatkan secara tepat.
  4. Hipotesa awal dirumuskan sesuai dengan klasifikasi permasalahan.
  5. Prosedur pemeriksaan diikuti untuk mendiagnosis permasalahan.
  6. Tindakan yang tepat dan cepat dipilih/dilakukan untuk mengisolasi sumber permasalahan.
  7. Keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) dilaksanakan  dalam pengoperasian peralatan.

:       menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN:

  1. Siswa dapat bersikap sikap jeli dan tanggap dalam menghadapi perubahan kondisi pada PC.
  2. Siswa dapat bersikap responsif dalam menghadapi segala masalah yang timbul.
  3. Siswa dapat melakukan klasifikasi permasalahan ditempatkan secara tepat.
  4. Siswa dapat merumuskan hipotesa awal sesuai dengan klasifikasi permasalahan.
  5. Siswa dapat mengikuti prosedur pemeriksaan untuk mendiagnosis permasalahan.
  6. Siswa dapat melakukan tindakan yang tepat dan cepat untuk mengisolasi sumber permasalahan.
  7. Siswa dapat melaksanakan Keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam pengoperasian peralatan.

B. MATERI PEMBELAJARAN:

  1. Jenis-jenis suara dan penampakan visual yang melambangkan masalah terhadap pengoperasian PC dan periferal.
  2. Klasifikasi permasalahan pada pengoperasian PC.
  3. Urutan pemeriksaan yang sistematis dalam pelaksanaan diagnosa permasalahan.
  4. Tindakan-tindakan yang dapat dilakukan untuk mengisolasi sumber permasalahan.

C. METODE PEMBELAJARAN:

1. Inkuiri

2. Tanya jawab

3. Penugasan

D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :

Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan

  1. 2. Kegiatan inti :
  • Mengidentifikasi jenis-jenis pesan/peringatan kesalahan pada pengoperasian PC
  • Menguraikan fungsi spesifik dari tiap-tiap komponen pada PC
  • Mengidentifikasikan gejala pada pengoperasian PC dan periferal
  • Memisahkan kelompok permasalahan yang terjadi pada PC berdasarkan hardware, software, lingkungan kerja, pengoperasian, dan penyebab eksternal.
  • Memilah permasalahan yang terjadi pada pengoperasian PC.
  • Menjelaskan urutan pemeriksaan dan diagnosa permasalahan
  • Menunjukkan prosedur pengisolasian masalah pada pengoperasian PC dan periferal
  • Mengisolasi permasalahan yang timbul saat pengoperasian PC stand alone dan periferalnya.
  1. 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
  • Pemberian tugas.
  • Doa penutup.

E. SUMBER PEMBELAJARAN

1. Buku pegangan siswa

2. Modul MGMP sekolah

3. LKS

F. PENILAIAN

1. Tehnik                            :  Tes tertulis

2. Bentuk Instrumen            :  Tes uraian

3. Soal Instrumen    :  – terlampir

Contoh soal: -terlampir

Mengetahui,

Drs. SANGKIN

NIP. 131898327

Wonosari, Januari 2008

Guru Mata Pelajaran

Sugeng Andono, S.Pd, M.Eng

NIP. 490038525

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NO. 08

SEKOLAH

MATA PELAJARAN

KLS/PROGRAM/SEMESTER

TAHUN PELAJARAN

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

ALOKASI WAKTU

: SMKN 2 WONOSARI

: PRODUKTIF TKJ

: I/TKJ/ 1

: 2007-2008

: Melakukan Perbaikan dan Sertting Ulang Sistem PC.

  1. Mempersiapkan perbaikan PC yang bermasalah.
  2. Memperbaiki PC.
  3. Memeriksa hasil perbaikan PC.
  1. Prosedur diilaksanakan  dalam persiapan perbaikan PC.
  2. Keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) dilaksanakan dalam memperbaiki PC
  3. Setiap hasil pelaksanaan kegiatan dilaporkan  sesuai dengan SOP.

:       menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN:

  1. Siswa dapat melaksanakan persiapan perbaikan PC sesuai dengan prosedur.
  2. Siswa dapat melaksanakan Keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam memperbaiki PC.
  3. Siswa dapat melaporkan setiap hasil pelaksanaan kegiatan sesuai dengan SOP.

B. MATERI PEMBELAJARAN:

  1. Teknik pemeriksaan spesifikasi hardware.
  2. Gejala kerusakan pada komponen PC.
  3. Langkah-langkah penggantian komponen PC.
  4. Pembuatan laporan hasil pemeriksaan dan perbaikan.

C. METODE PEMBELAJARAN:

1. Inkuiri

2. Tanya jawab

3. Penugasan

D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :

Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan

  1. 2. Kegiatan inti :
  • Menguraikan langkah-langkah persiapan perbaikan PC berdasarkan hasil diagnosis.
  • Menyusun langkah-langkah persiapan perbaikan PC.
  • Memilih peralatan bantu pemeriksaan yang tepat.
  • Mengidentifikasi komponen PC yang mengalami kerusakan.
  • Menguraikan langkah-langkah penggantian komponen PC.
  • Menguraikan langkah-langkah korektif untuk mencegah kerusakan yang lebih jauh pada komponen lainnya.
  • Memeriksa komponen PC menggunakan cara/metode yang sesuai dengan SOP.
  • Mengganti komponen PC yang rusak.
  • Melaksanakan langkah korektif untuk mencegah penyebaran kerusakan pada bagian PC yang lain.
  • Menguraikan  daftar hasil perbaikan, penggantian komponen dan setting ulang sistem PC.
  • Membuat  daftar hasil perbaikan, penggantian komponen dan setting ulang sistem PC.
  1. 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
  • Pemberian tugas.
  • Doa penutup.

E. SUMBER PEMBELAJARAN

1. Buku pegangan siswa

2. Modul MGMP sekolah

3. LKS

F. PENILAIAN

1. Tehnik                            :  Tes tertulis

2. Bentuk Instrumen            :  Tes uraian

3. Soal Instrumen    :  – terlampir

Contoh soal: -terlampir

Mengetahui,

Drs. SANGKIN

NIP. 131898327

Wonosari, Januari 2008

Guru Mata Pelajaran

Sugeng Andono, S.Pd, M.Eng

NIP. 490038525

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NO. 09

SEKOLAH

MATA PELAJARAN

KLS/PROGRAM/SEMESTER

TAHUN PELAJARAN

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

ALOKASI WAKTU

: SMKN 2 WONOSARI

: PRODUKTIF TKJ

: I/TKJ/ 1

: 2007-2008

: Melakukan Perbaikan Periferal.

  1. Mempersiapkan perbaikan periferal yang bermasalah.
  2. Perbaikan periferal yang bermasalah.
  3. Memeriksa hasil perbaikan periferal.
  1. Mengikuti prosedur dalam persiapan perbaikan periferal.
  2. Periksaan status hasil perawatan dan perbaikan yang terakhir dilakukan (jika ada).
  3. Prosedur, metode dan peralatan bantu pemeriksaan yang akan digunakan.
  4. Mengikuti prosedur dalam persiap perbaikan periferal.
  5. Memeriksa hasil perbaikan periferal.
  6. Hasil pengecekan dan perbaikan diidentifikasikan.
  7. Perbaikan dan atau penggantin komponen periferal yang dilakukan dicatat dan dilaporkan sesuai dengan SOP yang berlaku.

:       menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN:

  1. Siswa dapat melakukan persiapan perbaikan periferal sesuai dengan prosedur.
  2. Siswa dapat melakukan periksaan status hasil perawatan dan perbaikan yang terakhir dilakukan (jika ada).
  3. Siswa dapat melakukan persiap perbaikan periferal sesuai dengan prosedur.
  4. Siswa dapat memeriksa hasil perbaikan periferal.
  5. Siswa dapat mengidentifikasi hasil pengecekan dan perbaikan.
  6. Siswa dapat melakukan pencatatan dan pelaporan perbaikan dan atau penggantin komponen periferal yang dilakukan sesuai dengan SOP yang berlaku.

B. MATERI PEMBELAJARAN:

  1. Jenis-jenis periferal dan spesifikasi serta cara pemeriksaannya.
  2. Pembuatan laporan hasil pemeriksaan dan perbaikan.

C. METODE PEMBELAJARAN:

1. Inkuiri

2. Tanya jawab

3. Penugasan

D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :

Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan

  1. 2. Kegiatan inti :
  • Mengikuti prosedur dalam persiapan perbaikan peripheral.
  • Menguraikan langkah-langkah persiapan perbaikan periferal berdasarkan hasil diagnosis.
  • Menyusun langkah-langkah persiapan perbaikan peripheral.
  • Memilih peralatan bantu pemeriksaan yang tepat.
  • Mengoperasikan alat ukur dalam membantu perbaikan peripheral yang mengalami kerusakan.
  • Melaksanakan langkah korektif untuk mencegah penyebaran kerusakan pada bagian periferal yang lain.
  • Melaporkan setiap hasil pelaksanaan kegiatan sesuai dengan SOP.
  • Menguraikan  daftar hasil perbaikan, penggantian komponen dan setting ulang peripheral.
  • Membuat  daftar hasil perbaikan, penggantian komponen dan setting ulang peripheral.
  1. 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
  • Pemberian tugas.
  • Doa penutup.

E. SUMBER PEMBELAJARAN

1. Buku pegangan siswa

2. Modul MGMP sekolah

3. LKS

F. PENILAIAN

1. Tehnik                            :  Tes tertulis

2. Bentuk Instrumen            :  Tes uraian

3. Soal Instrumen    :  – terlampir

Contoh soal: -terlampir

Mengetahui,

Drs. SANGKIN

NIP. 131898327

Wonosari, Januari 2008

Guru Mata Pelajaran

Sugeng Andono, S.Pd, M.Eng

NIP. 490038525

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NO. 10

SEKOLAH

MATA PELAJARAN

KLS/PROGRAM/SEMESTER

TAHUN PELAJARAN

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

ALOKASI WAKTU

: SMKN 2 WONOSARI

: PRODUKTIF TKJ

: I/TKJ/ 1

: 2007-2008

: Melakukan Perawatan Periferal.

  1. Menyiapkan perawatan periferal.
  2. Melakukan perawatan periferal.
  1. Memilih peralatan dan bahan pembersih  secara teliti.
  2. Prosedur cara/metode dan bahan/peralatan yang sudah ditentukan.
  3. Pemeriksaan kabel dan sambungan ke PC menggunakan prosedur, cara/metode yang sudah ditentukan.

:       menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN:

  1. Siswa dapat memilih peralatan dan bahan pembersih  secara teliti.
  2. Siswa dapat bekerja sesuai dengan prosedur cara/metode dan bahan/peralatan yang sudah ditentukan.
  3. Siswa dapat melakukan pemeriksaan kabel dan sambungan ke PC menggunakan prosedur, cara/metode yang sudah ditentukan.

B. MATERI PEMBELAJARAN:

  1. Jenis-jenis peralatan dan bahan pembersih.
  2. Pengisian history/log sheet.
  3. Langkah-langkah perawatan periferal.
  4. Jenis-jenis korosi pada komponen periferal.

C. METODE PEMBELAJARAN:

1. Inkuiri

2. Tanya jawab

3. Penugasan

D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :

Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan

  1. 2. Kegiatan inti :
  • Memilih peralatan dan bahan pembersih  secara teliti.
  • Menguraikan jenis dan sifat bahan pembersih yang sesuai dengan periferal.
  • Menjelaskan prosedur pembersikan komponen pada periferal
  • Menjelaskan jenis-jenis korosi pada komponen dan penyebabnya
  • Membersihkan dan merawat bagian-bagian periferal  secara teratur
  1. 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
  • Pemberian tugas.
  • Doa penutup.

E. SUMBER PEMBELAJARAN

1. Buku pegangan siswa

2. Modul MGMP sekolah

3. LKS

F. PENILAIAN

1. Tehnik                            :  Tes tertulis

2. Bentuk Instrumen            :  Tes uraian

3. Soal Instrumen    :  – terlampir

Contoh soal: -terlampir

Mengetahui,

Drs. SANGKIN

NIP. 131898327

Wonosari, Januari 2008

Guru Mata Pelajaran

Sugeng Andono, S.Pd, M.Eng

NIP. 490038525

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NO. 11

SEKOLAH

MATA PELAJARAN

KLS/PROGRAM/SEMESTER

TAHUN PELAJARAN

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

ALOKASI WAKTU

: SMKN 2 WONOSARI

: PRODUKTIF TKJ

: I/TKJ/ 1

: 2007-2008

: Perawatan PC.

  1. Menyiapkan perawatan PC.
  2. Melakukan perawatan PC.
  1. Melaksanakan keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam merawat PC.
  2. Prosedur cara/metode dan bahan/peralatan yang sudah ditentukan.

:       menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN:

  1. Siswa dapat melaksanakan keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam merawat PC.
  2. Siswa dapat memilih prosedur cara/metode dan bahan/peralatan yang sudah ditentukan.

B. MATERI PEMBELAJARAN:

  1. Jenis alat dan bahan pembersih yang sesuai untuk PC.
  2. Langkah-langkah perawatan PC.
  3. Jenis-jenis korosi pada komponen PC.

C. METODE PEMBELAJARAN:

1. Inkuiri

2. Tanya jawab

3. Penugasan

D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :

Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan

  1. 2. Kegiatan inti :
  • Menguraikan jenis dan sifat bahan pembersih yang sesuai dengan periferal
  • Menjelaskan hubungan antara troubleshooting pada PC dengan kebersihan komponen PC.
  • Mengatur jadwal perawatan PC.
  • Menjelaskan prosedur pembersikan komponen pada PC.
  • Menjelaskan jenis-jenis korosi pada komponen dan penyebabnya.
  • Membersihkan dan merawat bagian-bagian PC secara teratur.
  1. 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
  • Pemberian tugas.
  • Doa penutup.

E. SUMBER PEMBELAJARAN

1. Buku pegangan siswa

2. Modul MGMP sekolah

3. LKS

F. PENILAIAN

1. Tehnik                            :  Tes tertulis

2. Bentuk Instrumen            :  Tes uraian

3. Soal Instrumen    :  – terlampir

Contoh soal: -terlampir

Mengetahui,

Drs. SANGKIN

NIP. 131898327

Wonosari, Januari 2008

Guru Mata Pelajaran

Sugeng Andono, S.Pd, M.Eng

NIP. 490038525

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NO. 12

SEKOLAH

MATA PELAJARAN

KLS/PROGRAM/SEMESTER

TAHUN PELAJARAN

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

ALOKASI WAKTU

: SMKN 2 WONOSARI

: PRODUKTIF TKJ

: I/TKJ/ 1

: 2007-2008

: Perawatan PC.

  1. Memeriksa hasil perawatan PC.
  2. Melakukan tindakan korektif dan melaporkan hasil perawatan PC.
  1. Memilih peralatan/komponen periferal serta software yang akan digunakan   secara teliti.
  2. Memperlihat-kan sikap responsif yang tepat terhadap masalah yang timbul.

:       menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN:

  1. Siswa dapat memilih peralatan/komponen periferal serta software yang akan digunakan   secara teliti.
  2. Siswa mampu memperlihatkan sikap responsif yang tepat terhadap masalah yang timbul.

B. MATERI PEMBELAJARAN:

  1. Penggunaan software utilitas dalam pengecekan kondisi komponen PC.
  2. Langkah penanganan permasalahan pada pengoperasian PC.
  3. Penyusunan laporan.

C. METODE PEMBELAJARAN:

1. Inkuiri

2. Tanya jawab

3. Penugasan

D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :

Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan

  1. 2. Kegiatan inti :
  • Menjelaskan jenis-jenis software utilitas yang digunakan untuk mengecek kondisi periferal (Misal : Norton Utility, System Configuration Utility).
  • Memeriksa hasil perawatan periferal secara fisik maupun menggunakan software utilitas.
  • Menjelaskan langkah-langkah korektif yang dapat diambil untuk mengatasi kondisi abnormal.
  • Menguraikan langkah-langkah penyusunan laporan.
  • Melakukan langkah korektif terhadap kondisi abnormal pada pengoperasian PC.
  • Membuat laporan perawatan PC.
  1. 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
  • Pemberian tugas.
  • Doa penutup.

E. SUMBER PEMBELAJARAN

1. Buku pegangan siswa

2. Modul MGMP sekolah

3. LKS

F. PENILAIAN

1. Tehnik                            :  Tes tertulis

2. Bentuk Instrumen            :  Tes uraian

3. Soal Instrumen    :  – terlampir

Contoh soal: -terlampir

Mengetahui,

Drs. SANGKIN

NIP. 131898327

Wonosari, Januari 2008

Guru Mata Pelajaran

Sugeng Andono, S.Pd, M.Eng

NIP. 490038525

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NO. 13

SEKOLAH

MATA PELAJARAN

KLS/PROGRAM/SEMESTER

TAHUN PELAJARAN

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

ALOKASI WAKTU

: SMKN 2 WONOSARI

: PRODUKTIF TKJ

: I/TKJ/ 1

: 2007-2008

: Menginstal Sistem Operasi Berbasis Text.

  1. Mempersiapkan instalasi sistem operasi berbasis text.
  2. Melaksanakan instalasi sistem operasi sesuai installation manual.
  1. Memilih sistem operasi   secara teliti.
  2. Perangkat komputer sudah dinyalakan dengan persyaratan hardware sesuai dengan manual instalasi.
  3. Mengikuti prosedur dalam instalasi sistem operasi.
  4. Proses instalasi telah berhasil dilaksanakan sesuai dengan manual instalasi.

:       menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN:

  1. Siswa mampu memilih sistem operasi secara teliti.
  2. Siswa dapat menyalakan perangkat komputer dengan persyaratan hardware sesuai dengan manual instalasi.
  3. Siswa mampu mengikuti prosedur dalam instalasi sistem operasi.
  4. Siswa mampu melaksanakan proses instalasi sesuai dengan manual instalasi.

B. MATERI PEMBELAJARAN:

  1. Konsep dasar instalasi sistem operasi berbasis text.
  2. Konsep dasar manajemen media penyimpan.
  3. Jenis-jenis sistem operasi berbasisi text.
  4. Jenis dan cara pengaturan BIOS.
  5. Jenis – jenis file dan konfigurasinya.
  6. Pengaturan konfigurasi awal pra-instalasi (misal : membuat batch file, instalasi driver CDROM under text mode).
  7. Langkah instalasi sistem operasi.

C. METODE PEMBELAJARAN:

1. Inkuiri

2. Tanya jawab

3. Penugasan

D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :

Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan.

  1. 2. Kegiatan inti :
  • Menjelaskan konsep dasar sistem operasi berbasis text.
  • Mengidentifikasi jenis-jenis media penyimpan yang sesuai untuk instalasi sistem operasi berbasis text.
  • Menyediakan perangkat komputer dengan konfigurasi hardware yang sesuai untuk instalasi sistem operasi berbasis text.
  • Memasang media paket instalasi sistem operasi.
  • Mengatur BIOS dan jenis – jenis file dan konfigurasinya.
  • Menjelaskan langkah-langkah instalasi sistem operasi.
  • Menjelaskan file dan folder konfigurasi pada sistem operasi berbasis text.
  • Menginstall sistem operasi berbasis text dan mengatur konfigurasi sistem operasi.
  • Instalasi driver periferal pendukung  (misal: motherboard, vga, sound, nic, dan lain-lain).
  • Pengaturan konfigurasi pada sistem operasi (Misal : pengaturan user, hak akses, dan lain-lain).
  • Perintah-perintah dasar sistem operasi berbasis text.
  1. 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
  • Pemberian tugas.
  • Doa penutup.

E. SUMBER PEMBELAJARAN

1. Buku pegangan siswa

2. Modul MGMP sekolah

3. LKS

F. PENILAIAN

1. Tehnik                            :  Tes tertulis

2. Bentuk Instrumen            :  Tes uraian

3. Soal Instrumen    :  – terlampir

Contoh soal: -terlampir

Mengetahui, Wonosari, 01 Juni 2007

Guru Mata Pelajaran

Anang Supriyanta, S.Pd, S.ST

NIP. 490034931

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NO. 14

SEKOLAH

MATA PELAJARAN

KLS/PROGRAM/SEMESTER

TAHUN PELAJARAN

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

ALOKASI WAKTU

: SMKN 2 WONOSARI

: PRODUKTIF TKJ

: I/TKJ/ 1

: 2007-2008

: Menginstal Sistem Operasi Berbasis Text.

  1. Mengecek hasil instalasi dengan menjalankan sistem operasi dan melakukan troubleshooting sederhana.
  2. Melaporkan hasil instalasi.
  1. Mengecek hasil instalasi   secara teliti dan tidak terburu-buru.
  2. Hasil instalasi dapat dipahami dengan baik.

:       menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN:

  1. Siswa mampu mengecek hasil instalasi   secara teliti dan tidak terburu-buru.
  2. Siswa mampu memahami hasil instalasi dengan baik.

B. MATERI PEMBELAJARAN:

  1. Mengoperasikan sistem operasi.
  2. Jenis aplikasi yang berjalan pada sistem operasi berbasis text.
  3. Jenis-jenis troubleshooting pada sistem operasi.
  4. Jenis – jenis pelaporan.
  5. Langkah-langkah penyusunan laporan.

C. METODE PEMBELAJARAN:

1. Inkuiri

2. Tanya jawab

3. Penugasan

D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :

Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan.

  1. 2. Kegiatan inti :
  • Langkah pengoperasian sistem operasi, termasik menjalankan dan menutup sistem operasi.
  • Menjelaskan langkah-langkah penanganan terhadap troubleshooting yang terjadi pada sistem operasi.
  • Mengecek hasil instalasi sistem operasi.
  • Menguraikan langkah-langkah penyusunan laporan.
  • Menyusun laporan instalasi.
  1. 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
  • Pemberian tugas.
  • Doa penutup.

E. SUMBER PEMBELAJARAN

1. Buku pegangan siswa

2. Modul MGMP sekolah

3. LKS

F. PENILAIAN

1. Tehnik                            :  Tes tertulis

2. Bentuk Instrumen            :  Tes uraian

3. Soal Instrumen    :  – terlampir

Contoh soal: -terlampir

Mengetahui,

Drs. SANGKIN

NIP. 131898327

Wonosari, Januari 2008

Guru Mata Pelajaran

Sugeng Andono, S.Pd, M.Eng

NIP. 490038525

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NO. 15

SEKOLAH

MATA PELAJARAN

KLS/PROGRAM/SEMESTER

TAHUN PELAJARAN

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

ALOKASI WAKTU

: SMKN 2 WONOSARI

: PRODUKTIF TKJ

: I/TKJ/ 1

: 2007-2008

: Mem-Back-up dan Me-Restore Software.

  1. Mempersiapkan software dan media back-up.
  2. Menyimpan data dan mematikan software.
  1. Software telah terinstalasi dan dapat berjalan normal.
  2. Mengikuti prosedur penyimpanan data dengan jelas.

:       menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN:

  1. Siswa mampu menginstalasi Software dan dapat berjalan normal.
  2. Siswa mampu mengikuti prosedur penyimpanan data dengan jelas.

B. MATERI PEMBELAJARAN:

  1. Jenis-jenis media back-up dan cara penanganannya.
  2. Langkah-langkah persiapan back-up data.

C. METODE PEMBELAJARAN:

1. Inkuiri

2. Tanya jawab

3. Penugasan

D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :

Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan.

  1. 2. Kegiatan inti :
  • Menjelaskan jenis-jenis media back-up dan cara penanganan masing-masing
  • Memilih media back-up yang sesuai dengan ukuran dan jumlah data.
  • Menguraikan prosedur penyimpanan data untuk software yang berbeda
  • Menyimpan data yang diproses oleh software aplikasi
  1. 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
  • Pemberian tugas.
  • Doa penutup.

E. SUMBER PEMBELAJARAN

1. Buku pegangan siswa

2. Modul MGMP sekolah

3. LKS

F. PENILAIAN

1. Tehnik                            :  Tes tertulis

2. Bentuk Instrumen            :  Tes uraian

3. Soal Instrumen    :  – terlampir

Contoh soal: -terlampir

Mengetahui,

Drs. SANGKIN

NIP. 131898327

Wonosari, Januari 2008

Guru Mata Pelajaran

Sugeng Andono, S.Pd, M.Eng

NIP. 490038525

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NO. 16

SEKOLAH

MATA PELAJARAN

KLS/PROGRAM/SEMESTER

TAHUN PELAJARAN

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

ALOKASI WAKTU

: SMKN 2 WONOSARI

: PRODUKTIF TKJ

: I/TKJ/ 1

: 2007-2008

: Mem-Back-up dan Me-Restore Software.

  1. Meng-copy software ke media back-up.
  2. Menyimpan media backup pada tempat yang disediakan.
  3. Merestore software
  1. Software yang ter-install pada  disk (program,  data dan konfigurasi) di-copy ke media back-up melalui wizart (jika ada) atau dilakukan secara manual.
  2. Memberi label pada media back-up secara teliti.
  3. Software pada media back-up dikembalikan ke tempat software diinstalasi dengan wizart (jika ada) atau secara manual.

:       menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN:

  1. Siswa mampu menginstall software disk (program,  data dan konfigurasi) dicopy ke media back-up melalui wizart (jika ada) atau dilakukan secara manual.
  2. Siswa mampu memberi label pada media back-up secara teliti.
  3. Siswa mampu mengembalikan software pada media back-up ke tempat software diinstalasi dengan wizart (jika ada) atau secara manual.

B. MATERI PEMBELAJARAN:

  1. Langkah-langkah memback-up data, baik secara manual maupun menggunakan wizard.
  2. Cara penyimpanan dan pengarsipan media back-up.
  3. Metode pengembalian data yang telah di back-up.

C. METODE PEMBELAJARAN:

1. Inkuiri

2. Tanya jawab

3. Penugasan

D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :
  • Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan.
  1. 2. Kegiatan inti :
  • Menguraikan proses back-up data pada media yang berbeda.
  • Memback-up data menggunakan cara manual maupun melalui wizard.
  • Menguraikan metode pengarsipan dan penyimpanan media back-up.
  • Menyimpan dan mengarsipkan media back-up pada tempat yang disediakan.
  1. 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
  • Pemberian tugas.
  • Doa penutup.

E. SUMBER PEMBELAJARAN

1. Buku pegangan siswa

2. Modul MGMP sekolah

3. LKS

F. PENILAIAN

1. Tehnik                            :  Tes tertulis

2. Bentuk Instrumen            :  Tes uraian

3. Soal Instrumen    :  – terlampir

Contoh soal: -terlampir

Mengetahui,

Drs. SANGKIN

NIP. 131898327

Wonosari, Januari 2008

Guru Mata Pelajaran

Sugeng Andono, S.Pd, M.Eng

NIP. 490038525

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NO. 17

SEKOLAH

MATA PELAJARAN

KLS/PROGRAM/SEMESTER

TAHUN PELAJARAN

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

ALOKASI WAKTU

: SMKN 2 WONOSARI

: PRODUKTIF TKJ

: I/TKJ/ 1

: 2007-2008

: Menginstall Perangkat Jaringan Lokal.

  1. Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi.
  2. Menginstalasi Local Area Network.
  1. Memilih peralatan / komponen jaringan  secara teliti.
  2. Menerapkan sikap disiplin dalam mengikuti prosedur instalasi perangkat LAN.

:       menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN:

  1. Memilih peralatan / komponen jaringan  secara teliti.
  2. Menerapkan sikap disiplin dalam mengikuti prosedur instalasi perangkat LAN.

B. MATERI PEMBELAJARAN:

  1. Prinsip dasar jaringan.
  2. Jenis dan fungsi perangkat LAN dan perluasannya.

C. METODE PEMBELAJARAN:

1. Inkuiri

2. Tanya jawab

3. Penugasan

D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :
  • Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan.
  1. 2. Kegiatan inti :
  • pengertian LAN, WAN, MAN, Internet, Bandwidth, Data dan Paket.
  • Mengidentifikasi  jenis-jenis topologi jaringan (Berdasarkan fisik dan berdasarkan logical).
  • Menguraikan jenis-jenis protokol jaringan.
  • Menjelaskan konsep dasar ISO-OSI 7 layer dan TCP/IP 4 layer.
  • Menguraikan konsep dasar dan pengalamatan IP.
  • Menjelaskan konsep dasar pengabelan LAN.
  • Menjelaskan konsep pembagian segmen dan routing table pada IP Address.
  • Merencanakan dan memilih perangkat jaringan sesuai dengan fisik dan kondisi lokasi.
  • Menjelaskan jenis-jenis perangkat LAN.
  • Menjelaskan jenis-jenis koneksi LAN.
  • Memasang perangkat Local Area Network.
  • Memasang jaringan peer-to-peer.
  1. 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
  • Pemberian tugas.
  • Doa penutup.

E. SUMBER PEMBELAJARAN

1. Buku pegangan siswa

2. Modul MGMP sekolah

3. LKS

F. PENILAIAN

1. Tehnik                            :  Tes tertulis

2. Bentuk Instrumen            :  Tes uraian

3. Soal Instrumen    :  – terlampir

Contoh soal: -terlampir

Mengetahui,

Drs. SANGKIN

NIP. 131898327

Wonosari, Januari 2008

Guru Mata Pelajaran

Sugeng Andono, S.Pd, M.Eng

NIP. 490038525

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NO. 18

SEKOLAH

MATA PELAJARAN

KLS/PROGRAM/SEMESTER

TAHUN PELAJARAN

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

ALOKASI WAKTU

: SMKN 2 WONOSARI

: PRODUKTIF TKJ

: I/TKJ/ 1

: 2007-2008

: Menginstalasi Perangkat Jaringan Lokal.

  1. Mengatur perangkat menggunakan software (melalui setup BIOS dan aktifasi komponen melalui sistem operasi).
  2. Menguji Local   Area Network.
  1. Mengikuti prosedur dalam memasang perangkat jaringan.
  2. Melaksanakan pengukuran LAN dengan sabar dan teliti.

:       menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN:

  1. Siswa dapat mengikuti prosedur dalam memasang perangkat jaringan.
  2. Siswa mampu melaksanakan pengukuran LAN dengan sabar dan teliti.

B. MATERI PEMBELAJARAN:

  1. Instalasi perangkat jaringan pada sistem operasi berbasis GUI.
  2. Instalasi perangkat jaringan pada sistem operasi berbasis text.
  3. Pengukuran kualitas sistem jaringan menggunakan software maupun alat ukur.

C. METODE PEMBELAJARAN:

1. Inkuiri

2. Tanya jawab

3. Penugasan

D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :
  • Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan.
  1. 2. Kegiatan inti :
  • Menginstall network card dan mengatur IP.
  • Memasang Network Card dan instalasi driver .
  • Memasang jaringan peer to peer.
  • Memanfaatkan jaringan secara optimal pada sistem operasi berbasis GUI dan text.
  • Menjelaskan jenis-jenis alat ukur media jaringan.
  • Menjelaskan cara pengujian LAN melalui sistem operasi atau melalui aplikasi tertentu.
  • Menggunakan software pengukuran / pengujian atau alat ukur.
  • Menguji konektifitas Local Area Network.
  1. 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
  • Pemberian tugas.
  • Doa penutup.

E. SUMBER PEMBELAJARAN

1. Buku pegangan siswa

2. Modul MGMP sekolah

3. LKS

F. PENILAIAN

1. Tehnik                            :  Tes tertulis

2. Bentuk Instrumen            :  Tes uraian

3. Soal Instrumen    :  – terlampir

Contoh soal: -terlampir

Mengetahui,

Drs. SANGKIN

NIP. 131898327

Wonosari, Januari 2008

Guru Mata Pelajaran

Sugeng Andono, S.Pd, M.Eng

NIP. 490038525

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NO. 19

SEKOLAH

MATA PELAJARAN

KLS/PROGRAM/SEMESTER

TAHUN PELAJARAN

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

ALOKASI WAKTU

: SMKN 2 WONOSARI

: PRODUKTIF TKJ

: I/TKJ/ 1

: 2007-2008

: Mendiagnosis Permasalahan Pengoperasian PC yang Tersambung Jaringan.

  1. Mengidentifikasi masalah fungsionalitas jaringan pada PC melalui gejala yang muncul.
  2. Memilah masalah berdasarkan kelompoknya.
  3. Mengisolasi permasalahan.
  1. Menunjukkan sikap jeli dan tanggap terhadap perubahan kondisi pada LAN
  2. Memperlihatkan sikap responsif yang tepat terhadap masalah yang timbul.
  3. Menempatkan klasifikasi permasalahan dengan tepat
  4. Merumuskan hipotesa awal yang sesuai dengan klasifikasi permasalahan.
  5. Mengikuti prosedur pemeriksaan dalam mendiagnosa permasalahan.
  6. Memilih tindakan yang cepat dan tepat untuk mengisolasi sumber permasalahan.

:       menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN:

  1. Siswa mampu bersikap sikap jeli dan tanggap terhadap perubahan kondisi pada LAN
  2. Siswa mampu bersikap responsif yang tepat terhadap masalah yang timbul.
  3. Siswa mampu menempatkan klasifikasi permasalahan dengan tepat
  4. Siswa mampu merumuskan hipotesa awal yang sesuai dengan klasifikasi permasalahan.
  5. Siswa mampu mengikuti prosedur pemeriksaan dalam mendiagnosa permasalahan.
  6. Siswa mampu memilih tindakan yang cepat dan tepat untuk mengisolasi sumber permasalahan.

B. MATERI PEMBELAJARAN:

  1. Jenis-jenis gangguan pada perangkat Local Area Network
  2. Performansi dan kondisi Local Area Network.
  3. Klasifikasi permasalahan pada pengoperasian LAN.
  4. Urutan pemeriksaan yang sistematis dalam pelaksanaan diagnosa permasalahan
  5. Tindakan-tindakan yang dapat dilakukan untuk mengisolasi sumber permasalahan.

C. METODE PEMBELAJARAN:

1. Inkuiri

2. Tanya jawab

3. Penugasan

D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :
  • Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan.
  1. 2. Kegiatan inti :
  • Menunjukkan sikap jeli dan tanggap terhadap perubahan kondisi pada LAN.
  • Memperlihatkan sikap responsif yang tepat terhadap masalah yang timbul.
  • Mengidentifikasi jenis-jenis pesan/peringatan kesalahan pada LAN.
  • Menguraikan fungsi spesifik dari tiap-tiap komponen pada PC yang berkaitan dengan LAN.
  • Mengidentifikasikan gejala pada pengoperasian LAN.
  • Menempatkan klasifikasi permasalahan dengan tepat.
  • Merumuskan hipotesa awal yang sesuai dengan klasifikasi permasalahan.
  • Memisahkan kelompok permasalahan yang terjadi pada LAN berdasarkan hardware, software dan penyebab eksternal.
  • Memilah permasalahan yang terjadi pada pengoperasian LAN.
  • Mengikuti prosedur pemeriksaan dalam mendiagnosa permasalahan.
  • Memilih tindakan yang cepat dan tepat untuk mengisolasi sumber permasalahan.
  • Menjelaskan urutan pemeriksaan dan diagnosa permasalahan.
  • Menunjukkan prosedur pengisolasian masalah pada pengoperasian LAN.
  • Mengisolasi permasalahan yang timbul saat pengoperasian LAN, baik pada sisi hardware maupun aplikasinya.
  1. 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
  • Pemberian tugas.
  • Doa penutup.

E. SUMBER PEMBELAJARAN

1. Buku pegangan siswa

2. Modul MGMP sekolah

3. LKS

F. PENILAIAN

1. Tehnik                            :  Tes tertulis

2. Bentuk Instrumen            :  Tes uraian

3. Soal Instrumen    :  – terlampir

Contoh soal: -terlampir

Mengetahui,

Drs. SANGKIN

NIP. 131898327

Wonosari, Januari 2008

Guru Mata Pelajaran

Sugeng Andono, S.Pd, M.Eng

NIP. 490038525

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NO. 20

SEKOLAH

MATA PELAJARAN

KLS/PROGRAM/SEMESTER

TAHUN PELAJARAN

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

ALOKASI WAKTU

: SMKN 2 WONOSARI

: PRODUKTIF TKJ

: I/TKJ/ 1

: 2007-2008

: Melakukan Perbaikan dan/atau Setting Ulang Koneksi Jaringan.

  1. Mempersiapkan perbaikan konektifitas jaringan pada PC yang bermasalah.
  2. Memperbaiki konektifitas jaringan pada PC.
  3. Memeriksa hasil perbaikan konektifitas jaringan pada PC.
  1. Mengikuti prosedur dalam persiapan perbaikan konektifitas jaringan.
  2. Melaksanakan keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam memperbaiki konektifitas jaringan.
  3. Melaporkan setiap hasil pelaksanaan kegiatan sesuai dengan SOP.

:       menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN:

  1. Siswa dapat mengikuti prosedur dalam persiapan perbaikan konektifitas jaringan.
  2. Siswa mampu melaksanakan keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam memperbaiki konektifitas jaringan.
  3. Siswa dapat melaporkan setiap hasil pelaksanaan kegiatan sesuai dengan SOP

B. MATERI PEMBELAJARAN:

  1. Teknik pemeriksaan spesifikasi perangkat jaringan.
  2. Gejala kerusakan pada komponen jaringan
  3. Langkah-langkah penggantian komponen jaringan (termasuk tata cara penggantian soket jaringan).
  4. Pembuatan laporan hasil pemeriksaan dan perbaikan.

C. METODE PEMBELAJARAN:

1. Inkuiri

2. Tanya jawab

3. Penugasan

D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. 1. Kegiatan Awal (Apersepsi) :
  • Motivasi siswa sesuai dengan pokok bahasan.
  1. 2. Kegiatan inti :
  • Mengikuti prosedur dalam persiapan perbaikan konektifitas jaringan.
  • Menguraikan langkah-langkah persiapan perbaikan konektifitas jaringan berdasarkan hasil diagnosis.
  • Menyusun langkah-langkah persiapan perbaikan konektifitas jaringan.
  • Memilih peralatan bantu pemeriksaan yang tepat.
  • Melaksanakan keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam memperbaiki konektifitas jaringan.
  • Mengidentifikasi komponen LAN yang mengalami kerusakan.
  • Menguraikan langkah-langkah penggantian komponen jaringan.
  • Menguraikan langkah-langkah korektif untuk mencegah kerusakan yang lebih jauh pada komponen lainnya (misal : pemasangan  lightning arrester pada sistem LAN).
  • Memeriksa perangkat LAN menggunakan cara/metode yang sesuai dengan SOP.
  • Mengganti komponen jaringan yang mengalami kerusakan.
  • Melaksanakan langkah korektif untuk mencegah penyebaran kerusakan pada bagian PC.
  • Melaporkan setiap hasil pelaksanaan kegiatan sesuai dengan SOP.
  • Menguraikan  daftar hasil perbaikan, penggantian komponen dan setting ulang terhadap LAN.
  • Membuat  daftar hasil perbaikan, penggantian komponen dan setting ulang perangkat LAN.
  1. 3. Kegiatan Akhir (Penutup)
  • Pemberian tugas.
  • Doa penutup.

E. SUMBER PEMBELAJARAN

1. Buku pegangan siswa

2. Modul MGMP sekolah

3. LKS

F. PENILAIAN

1. Tehnik                            :  Tes tertulis

2. Bentuk Instrumen            :  Tes uraian

3. Soal Instrumen    :  – terlampir

Contoh soal: -terlampir

Mengetahui,

Drs. SANGKIN

NIP. 131898327

Wonosari, Januari 2008

Guru Mata Pelajaran

Sugeng Andono, S.Pd, M.Eng

NIP. 490038525

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.